Hasmawati, Hasmawati (2022) Peningkatan Kemampuan Peserta Didik dalam Menjumlah Bilangan Pecahan dengan Menggunakan Media gambar Luas daerah di MTs.N 1 Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of full text] Text (full text)
17.1600.046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran penjumlahan bilangan pecahan dan kemampuan peserta didik, serta pengaruhnya dalam menggunakan media gambar luas daerah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang melibatkan 1 kelas sebagai kelas experimen . dengan teknik pengumpulan data di gunakan adalah observasi dan tes ( pretest dan post test) kemudian analisis data dengan cara analisis statistik deskriptif dengan menggunakan aplikasi SPSS dan analisis statistik inferensial. Untuk menentukan adanya efektif kita menggunakan kriteria yaitu (1) terjadinya peningkatan hasil belajar minimal dalam kategori “sedang” (2) Tercapainya nilai KKM minimal 70, (3) aktivitas murid berada pada kategori “cukup”. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yakni (1) observasi,(2) tes belajar yang di peroleh dengan menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) hasil uji paired sample t-test untuk data menunjukan pengaruh peningkatan peserta didik dalam menjumlah bilangan pecahan.(2) hasil uji paired sample tes men unjukan bahwa nilai signifikan pada penelitian ini sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan nilai t-hitung sebesar 9,622 > t-tabel. Hal ini mengartikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar luas daerah secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan peserta didik kelas VII dalam menjumlahkan bilangan pecahand MTs.N 1 Enrekang sehingga hipotesis dalam penelitian ini di terima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Peserta Didik, Penjumlahan Bilangan Pecahan, Media gambar luas
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:48
Last Modified: 26 Jan 2023 07:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4691

Actions (login required)

View Item View Item