Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Polya Di SMP Negeri 8 Parepare

Subehana, Subehana (2022) Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Polya Di SMP Negeri 8 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img] Text (full text)
17.1600.032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar peserta didik memiliki
kemampuan berpikir kritis, yang meliputi kemampuan memahami soal, merencanakan model numerik, menyusun dekripsi, dan menyusun dekripsi yang diperoleh. Dari satu sisi, menangani masalah numerik sangat penting, tetapi sekali lagi siswa sering mengalami masalah dalam menangani masalah numerik.

Tinjauan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri 8 Parepare Kelas VIII-A tahap Polya berdasarkan kemampuan numeriknya, khususnya peserta didik dengan kemampuan numerik tinggi, peserta didik dengan kemampuan numerik sedang, dan peserta didik dengan kapasitas numerik rendah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Area penelitian berada di SMP Negeri 8 Parepare. Sumber informasi adalah 25 peserta didik kelas VIII-A, kemudian dipilih 6 peserta didik sebagai subjek ujian, yaitu 2 peserta diddik dengan kapasitas tinggi, 2 peserta didik dengan kapasitas sedang, dan 2 peserta diddik dengan kapasitas rendah. Strategi pengumpulan informasi yang digunakan adalah tes tersusun, pertemuan, persepsi, dan dokumentasi. Metode pemeriksaan informasi yang digunakan adalah penyelidikan informasi subjektif dengan langkah-langkah penurunan informasi, penyajian informasi, dan penentuan pencapaian. Pengecekan keabsahan informasi dilakukan dengan persepsi tak kenal lelah, triangulasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) peserta didik berkemampuan tinggi umumnya memiliki kemampuan pemecahan masalah sangat baik dengan skor normal 95. 2) peserta didik dengan kemampuan sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah sangat baik dengan skor normal 80. 3) peserta didik dengan kemampuan sedang kapasitas dengan kapasitas rendah memiliki kapasitas kemampuan pemecahan masalah yang memadai dengan nilai normal 69.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Tahapan Polya, SPLDV.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:47
Last Modified: 26 Jan 2023 07:47
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4687

Actions (login required)

View Item View Item