Huda, Nurul (2022) Upaya Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Maharah Al-Qiraah Peserta Didik pada MA Ittihadul Usrati Wal-Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kab.Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
17.1200.019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh data yang akurat mengenai bagaimana upaya guru Bahasa Arab dalam meningkatkan Maharah Al-Qiraah peserta didik, dan Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan Maharah Al-Qiraah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field reaserch) yang menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara (interview), observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik trianggulasi yaitu menggunakan beberapa metode pengumpulan data dan analisis data sekaligus dalam sebuah penelitian, termasuk menggunakan informasi sebagai alat uji keabsahan dan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru Bahasa Arab dalam meningkatkan Maharah Al-Qiraah peserta didik pada MA yaitu dimulai dari proses pembelajaran dimana prosesnya itu umum. Jadi tahapannya itu ada tahapan pendahuluan atau memulai pembelajaran, ada tahapan penyajian materi dan tahapan penutup. Kemudian Upaya lain yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam meningkatkan Maharah Al-Qiraah Peserta Didik Pada MA yaitu selalu menumbuhkan motivasi peserta didik agar tidak berputus asa dalam belajar bahasa Arab dan melakukan bimbingan khusus untuk peserta didik yang belum lancar membaca kemudian memberikan latihan tambahan dan tugas tertentu kepada peserta didik agar melakukan kegiatan belajar di luar sekolah dan selalu memanfaatkan fasilitas yang ada seperti buku-buku yang tersedia di perpustakaan. Bukan hal mudah membiasakan diri untuk terus konsisten dengan beberapa upaya yang telah disarankan, karena butuh kesabaran, ketekunan dalam mengerjakan dan membiasakan suatu hal yang baru, seperti menghafal mufradhat tau kosa kata dan mempraktekkannya di kehidupan sehari-hari; 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan Maharah Al-Qiraah peserta didik pada MA yaitu: (a) semangat guru dalam mengajar bahasa Arab; (b) tersedianya sumber belajar yang mendukung dan tersedianya sarana dan prasarana. Faktor penghambat dalam meningkatkan Maharah Al-Qiraah peserta didik pada MA yaitu: (a) kurangnya minat peserta didik dalam mempelajari bahasa Arab; (b) beberapa peserta didik yang masih kurang dalam membaca teks Arab dan Al-quran; (c) latar belakang peserta didik yang berbeda-beda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Maharah Al-Qiraah, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:01
Last Modified: 26 Jan 2023 08:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4686

Actions (login required)

View Item View Item