Kamaluddin, Kamaluddin (2022) Problematika Penghafalan Mufradat Pada Pembelajaran Bahasa Arab di SMK Muhammadiyah Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
15.1200.021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan: (1). Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Parepare (2). Problematika penghafalan kosakata di SMK Muhammadiyah Parepare (3). Solusi problematika penghafalan kosakata di SMK Muhammadiyah Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologi dengan pendekatan penelitian yaitu deskriptif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pendidik bahasa Arab yang mengajar dan peserta didik SMK Muhammdiyah Parepare. Setelah data di peroleh secara penuh kemudian data di analisis dengan menggunakan teknik model Miles dan Huberman dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Perubahan pembelajaran bahasa Arab di SMK Muhammadiyah Parepare yakni kurikulum dan mempengaruhi bawahan dari kurikulum itu sendiri melipiuti, waktu belajaran, teknik, metode pembelajaran. (2) Problematika penghafalan mufradat yang mempengaruhi pada 2 aspek, yaitu aspek internal berupa linguistik; tata bunyi dan non linguistik; psikologi, pengetahuan. Aspek yang kedua adalah eksternal yaitu lingkungan; formal, informal dan materi ajar. (3) Solusi problematika penghafalan mufradat adalah sebagai evaluasi untuk menjadikan pengembangan yang lebih baik. Solusi ini diperoleh dari hasil wawancara pendidik dan peserta didik. a) peserta didik; penerapan yang berkelanjutan, fokus materi dan menyesuaikan kebutuhan. b) pendidik; menginovasi bentuk dari pembelajaran yang kemarin sebelum adanya pandemi COVID-19, pemberian sugesti terhadap peserta didik terhadap keurgensian bahasa Arab, pemantapan kosakata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Problematika Penghafalan mufradat.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alim Fasieh
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:09
Last Modified: 19 Jan 2023 06:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4587

Actions (login required)

View Item View Item