Husdiwan, Husdiwan (2022) Penerapan metode kooperatif tipe GI (Group Investigation) dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab peserta didik kelas VIII MTs. DDI Penatangan kabupaten polewali mandar. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.1200.018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peserta didik mengenal belajar kelompok dalam kelas dan saling bekerja sama dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dan beberapa tujuan yang dicapai diantaranya mengetahui proses penggunaan metode kooperatif tipe Group Investigation, mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran bahasa arab. Penelitian ini memiliki metode kooperatif tipe Group Investigationatau belajar kelompok yang dibentuk oleh peserta didik yang beranggotakan 2-6 orang dan tiap kelompok bebas memilih subtopic dari keseluruhan unit materi (pokok bahasan). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)dimana subjek penelitian ini adalah semua kelas VIII yang berjumlah 21 peserta didik. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar belajar dengan mata pelajaran bahasa arab materi harian kita yang terpokus pada materi pokok adalah Jumlah Ismiyah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe GI (Group Investigaion).Dari latar belakang dan hasil observasi yang ada, peneliti menyimpulkan beberapa identifikasi masalah; yaitu kurangnya variasi penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, metode pembelajaran bahasa arab yang terpokus pada metode ceramah dan tanya jawab membuat suasana kelas menjadi kondusif, metode pembelajaran yang belum melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, dan belum optimal hasil belajar peserta didik. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode koopertaif tope GI (Group Investigation) sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran. 2) meningkatkan nilai rata-rata kelas pada test awal sebesar 52,85 %. Dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 19,04 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigatin), Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alim Fasieh
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:08
Last Modified: 19 Jan 2023 06:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4584

Actions (login required)

View Item View Item