Habibah, Nur Asri Ainun (2022) Srategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Motor Pada PT Raya Motor Cabang Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
17.2800.037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Dalam dunia bisnis tidak selamanya perusahaan mendapatkan penjualan yang mengalami kenaikan, pasti juga akan mengalami penurunan. Terjadinya penurunan penjualan ini disebabkan karena banyaknya persaingan yang begitu ketat akibat munculnya beberapa perusahaan lain yang menawarkan produk yang sama dan juga bisa disebabkan oleh penggunaan strategi yang masih tergolong kurang tepat dalam memasarkan produk. Perusahaan perlu menentukan strategi yang tepat khususnya dalam menetapkanbauran promosi (marketing mix) yang dapat meningkatkan volume penjualan dan tentunya dapat mencapai target penjualan yang diharapkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penetapan target penjualan, manajemen pemasaran dan strategi promosi PT Raya Motor dalam meningkatkan volume penjualan berdasarkan prinsip akuntansi syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan pendekatan fenomologi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji kredibilitas. Penetapan target penjualan di PTRaya Motor di Kota Parepare, terdiri atas perencanaan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Pada perencanaan strategi terdiri atas strategi yang akan digunakan oleh Raya Motor seperti penentuan target pejualan dalam setiap bulan yang harus dicapai perusahaan. Implementasi strategi yaitu dalam bentuk penerapanan strategi-strategi yang telah di buat dalam perencanaan. Evaluasi strategi oleh Raya Motor terdiri atas pengevaluasian rencana-rencana yang telah di terapkan.Manajemen pemasaran yang digunakan oleh PT Raya Motor salah satunya yaitu media promosi. Kegiatan promosi terdapat 5 bauran yang digunakan, yaitu periklanan, sales promotion, personal selling,direct marketingdan public relation.Penetapan strategi promosi PT Raya Motor sudah sesuai dengan prinsip akuntansi syariah yaitu prinsip pertanggungjawaban, prinsip keadilan dan prinsip kebenaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Volume Penjualan, Prinsip Akuntansi Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Lembaga Keungan Syariah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:24
Last Modified: 18 Jan 2023 02:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4543

Actions (login required)

View Item View Item