Samaruddin, Samaruddin (2022) Persepsi ASN Kantor Kemenag Kab. Majene terhadap Produk dan Layanan Bank Syariah Indonesia (BSI). Masters thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
2020203860102014 samaruddin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan melakukan pengkajian mendalam terkait dengan produk dan layanan Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Majene, untuk menelaah bagaimana persepsi ASN Kantor Kemenag Majene terhadap produk dan layanan Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Majene, untuk menelaah faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi ASN Kantor Kemenag Majene terhadap Bank Syariah Indonesia dan untuk menganalisis implikasi dari persepsi ASN Kantor Kemenag Majene terhadap Bank Syariah Indonesia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yakni sebuah pendekatan penelitian yang mencakup studi alamiah di lapangan. Data primer dalam penelitian ini yakni hasil wawancara langsung dengan pihak BSI dan ASN di Kantor Kemenag Majene sedangkan data sekunder diperoleh dari buku dan jurnal penelitian ilmiah yang mendukung. Instrumen penelitian berupa daftar wawancara, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (conclution) atau verifikasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Jenis produk dan layanan Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Majene sangat beragam yang terdiri dari produk simpanan, produk pembiayaan dan layanan jasa keuangan perbankan. Produk yang dominan digunakan oleh ASN di Kantor Kemenag Majene adalah tabungan wadiah dan tabungan cicil emas serta layanan ATM dan mobile banking. 2) Persepsi ASN Kantor Kemenag Majene terhadap produk dan layanan Bank Syariah Indonesia positif yang ditunjukkan dengan minat dan kebutuhan yang semakin tinggi terhadap produk dan layanan yang berbasis syariah. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi ASN Kantor Kemenag Majene terhadap Bank Syariah Indonesia diantaranya adalah faktor prinsip syariah, faktor kualitas pelayanan, faktor pemasaran dan faktor pengalaman. 4) Implikasi dari persepsi ASN Kantor Kemenag Majene terhadap Bank Syariah Indonesia dapat menumbuhkan minat dan tingkat kepercayaan nasabah terhadap produk dan layanan Bank Syariah Indonesia, sehingga keberlangsungan BSI ke depan dapat lebih potensial

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, ASN, Produk dan Layanan, Bank Syariah Indonesia
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:01
Last Modified: 16 Jan 2023 01:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4527

Actions (login required)

View Item View Item