Pembentukan Akhlak Melalui Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Peserta Didik Di SD Negeri 251 Pinrang (Tinjauan Pendidikan Agama Islam).

Rasdia, Rasdia (2022) Pembentukan Akhlak Melalui Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Peserta Didik Di SD Negeri 251 Pinrang (Tinjauan Pendidikan Agama Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img] Text (Full text)
17.1100.016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pembentukan akhlak merupakan bagian dari pendidikan yang dilakukannya usaha dalam membimbing, melatih, membiasakan secara terarah pengaplikasian yang berulang-ulang dengan bersungguh-sungguh dan konsisten agar memiliki akhlak terpuji serta budi pekerti yang baik. Penanaman nilai-nilai kearifan lokal dari Suku Bugis dikenal Budaya Pappaseng ppes atau nasihat pesan kebaikan sebagai salah satu langkah tepat dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik dari adanya degradasi moral diera milenial ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1.) Bagaimana pembentukan akhlak melalui penanaman nilai-nilai kearifan lokal peserta didik di SD Negeri 251 Pinrang 2.) Bagaimana metode internalisasi nilai-nilai kearifan lokal di SD Negeri 251 Pinrang. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau (field research) yang terjun dan terlibat langsung ke lapangan lokasi sasaran penelitian di SD Negeri 251 Pinrang dengan pendekatan penelitian Deskriptif kualitatif yang menghasilkan data-data berupa kata-kata yang tertulis maupun lisan dari suatu objek, pemikiran dan fenomena yang terjadi di masa sekarang, Teknik pengumpulan dan pengolahan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi langsung dari Kepala sekolah, Guru PAI, serta peserta didik di SD Negeri 251 Pinrang, Triangulasi sebagai uji keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain dari luar data itu untuk pembanding data, dengan Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari data-data yang diperoleh.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan akhlak yang terus menerus dilakukan oleh pendidik melalui penanaman nilai-nilai kearifan lokal pada kegiatan didalam dan diluar kelas yang mendapat respons positif dari peserta didik dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari sehari-hari di dalam nilai-nilai budaya Pappaseng ppes secara teoris dan praktis termuat juga ajaran-ajaran agama Islam yang tetap selaras dan sesuai dasar pedoman umat Islam yakni Al Qur’an dan Hadist. Terlihat dari pengaplikasiannya benar-benar dapat membentuk akhkul karimah peserta didik dengan metode keteladanan, pembiasaan dan nasihat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasannya Pembentukan akhlak melalui Penanaman nilai-nilai kearifan lokal peserta didik di SD Negeri 251 Pinrang (Tinjaun Pendidikan Agama Islam) Berjalan dengan baik dan diterima oleh peserta didik dengan aktualisasi akhlak baik dan respons positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Akhlak, Kearifan Lokal, Tinjauan PAI.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:14
Last Modified: 18 Jan 2023 03:14
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4470

Actions (login required)

View Item View Item