L., Erawati. (2021) Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat realitas saat ini yaitu kurangnya perhatian peserta didik pada saat pembelajaran. Hal tersebut diakibatkan pembelajaran yang terkesan monoton. Sehingga pada saat pembelajaran peserta didik memiliki kesibukan di luar konteks pembelajaran, seperti mengobrol, kurang semangat dalam menerima pembelajaran, dan tidur saat jam pelajaran, hal ini menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran masih kurang berjalan aktif, efektif, dan kreatif maka hal ini berdampak pada prestasi belajar peseta didik. Oleh karena itu, kreativitas guru memang hal yang sangat krusial dalam mengajar terutama dalam hal mendesain, merencanakan, metode pembelajaran sehingga akan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dalam hal ini guru PAI bertanggung jawab atas tercapainya tujuan pendidikan. Maka penulis tertarik dan termotivasi mengadakan penelitian lebih lanjut tentang kreativitas guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Patampanua Kabuputen Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kreatvitas Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII. Penelitan menggunakan pendekatan kualitatif bentuk deskriftif kualitatif. Dalam pengumpalan data penulis mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriftif kualitatif yang bersifat induktif dengan pendekata model analisis data Miles dan Huberman. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan yaitu credebility (validitas interbal), depanbalitiy (realibilitas), dan confirmability (obyektivitas). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kreativitas Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Patampanua terlihat mulai dari mendesain, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran. Kreativitas guru dalam merencanakan pembelajaran terlihat pada saat guru merencanakan dan menentukan metode yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan selalu memperhatikan kondisi dan karakter peserta didik. Guru memiliki kreativitas dalam meningkatkan motivasi belajar dengan menerapkan metode pembelajaran yang beragam dan bervariasi. Guru dan peserta didik pun saling bersinergi dalam pembelajaran, peserta didik sangat memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, aktif dalam pembelajaran dan guru menerapkan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran. (2) Kendala peserta didik kelas VIII terhadap peningkatan motivasi belajar di SMP Negeri 1 Patampanua sudah baik, diketahui dengan hasil wawancara peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru PAI , Motivasi belajar peserta didik,
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:58
Last Modified: 18 Jan 2023 03:58
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4418

Actions (login required)

View Item View Item