Amin, Yuzril Indrawan (2021) Korelasi Promosi Pada Media Sosial Instagram Terhadap Pilihan IAIN Parepare Bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.3100.052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Promosi adalah membuat pesan yang persuasif yang efektif untuk menarik perhatian konsumen/khalayak. Instagram merupakan suatu aplikasi yang memungkinkan para penggunanya berbagi foto, video dan menyampaikan informasi ke banyak orang. Instagram IAIN Parepare Official memiliki followers sebanyak 3.827 pengikut. Minat merupakan kelanjutan dari perhatian yang merupakan titik tolak bagi hasrat untuk melakukan suatu kegiatan yang diharapkan oleh komunikator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi promosi pada media sosial terhadap pilihan IAIN parepare bagi mahasiswa baru tahun akademik 2021. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 98 orang dalam mengambil sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Promosi pada media sosial Instagram, termasuk dalam kategori tinggi yaitu 3748 dengan nilai sig = 0,000 < 0,05, maka H0 Ditolak. (2) Pilihan IAIN Parepare termasuk dalam kategori tinggi yaitu 3686 dengan nilai sig = 0,000 < 0,05, maka H0 Ditolak. (3) Terdapat hubungan yang signifikan terhadap promosi pada media sosial Instagram terhadap pilihan IAIN Parepare bagi mahasiswa baru tahun akademik 2021. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi sebesar r hitung = 0,484 > r tabel 0,200, pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dan berada di koefisien interval dari 0,40-0,559 yang berarti mempunyai tingkat hubungan yang sedang. Besarnya kontribusi yang diberikan oleh variabel promosi pada media sosial terhadap pilihan IAIN Parepare sebesar 23,5% sedangkan sisanya ditentukan oleh hubungan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Minat pilihan, Promosi.
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:45
Last Modified: 18 Jan 2023 03:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4410

Actions (login required)

View Item View Item