Sahid., Abd. (2022) Retorika Dakwah Ustadz Das’ad Latif : Analisis Strategi Dakwah Populer. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.3100.032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi retorika Ustadz Das’ad Latif pada media channel Youtube pada tahun 2021. Penelitian ini menggunakan jenis peneitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu video pada channel Youtube Das’ad Latif pada tahun 2021. Dan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. dengan tujuan penelitian ini sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pesan dan strategi dakwah pada channel youtube dengan menggunakan analisis teori retorika. Dalam video tersebut Ustadz Das’ad Latif dengan mengatur Pesan dakwah dalam konten dakwah Ustadz Das’ad Latif menggabungkan antara komponen audio dan visual yang dikemas oleh tim khususnya secara menarik dengan berbagai macam tema pembahasan yang terbaru sesuai isu yang terjadi pada masyarakat. Dari segi memorized merupakan strategi dakwah yang digunakan dalam dakwahnya yaitu dengan berbicara didepan umum tanpa menggunakan teks atau catatan. Segi penemuan (invention) dalam menyampaikan ceramahnya dengan mengangkat tema yang terbaru. Segi Penyusunan (disposito) bagaimana seorang ustadz Das’ad Latif mengatur strategi dengan menggunakan simbol dan kata khas untuk menarik perhatian khalayak. Segi gaya (Eloctio) dalam menyampaikan dakwahnya dengan menggunakan beberapa pendekatan dalam kategori komunikasi nonverbal, dimana beragam cara menyampaikan pesannya dengan vokal atau paralanguange, kinesics yang mencakup gerakan tubuh, lengan dan kaki serta ekpresi wajah, atau perilaku mata. Segi penyampaian (pronutiatio) melibatkan secara vokal dan fisik dalam menyampaikan dakwahnya secara menarik dan powerfull. Bahasa dalam dakwahnya menggunakan bahasa yang ringan, penyajian dan gaya pengungkapan yang menarik. Etika dan Nilai Moral Dalam dakwahnya nilai moralnya sudah sesuai ajaran Islam, dan etikanya masih ada khalayak yang menganggap biasa saja dan ada kurang sesuai. Penalaran yang benar dalam dakwahnya tersebut sudah sesuai dengan hakikat dalam retorika, yaitu dengan memberikan contoh kasus serta rujukannya Al-Qur’an dan hadist. Pengetahuan yang memadai dengan memiliki ide dan gagasan yang jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Retorika Dakwah.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:19
Last Modified: 18 Jan 2023 03:19
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4408

Actions (login required)

View Item View Item