Hadiah, Nur (2022) Peran Tiktok Sebagai Konten Islami Dalam Memberikan Pemahaman Keislaman Pada Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Angkatan 2021 IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.3100.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Peran tiktok sebagai konten islami dalam memberikan pemahaman keislaman, yang dimana tiktok sekarang ini menjadi sarana untuk menyebarkan konten konten keislaman, tiktok menjadi salah satu media yang sangat populer di kalangan mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran tiktok sebagai konten islami dan untuk mengetahui bagaimana pemahaman keislaman mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam angkatan 2021 IAIN Parepare dalam menonton tiktok sebagai konten islami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiktok dikalangan mahasiswa dapat menjadi media dakwah. Dalam menggunakan tiktok sebagai media dakwah, terdapat 2 macam bentuk peran ; 1)Tiktok sebagai media dakwah, 2)Tiktok sebagai media komunikasi. Selanjutnya pemahaman keislaman yang didapatkan dalam menonton konten islami itu sangat bagus dan efektif ; 1)Memanfaatkan tiktok sebagai media belajar keislaman, 2)Mengembangkan pemahaman terhadap informasi keislaman yang mereka terima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tiktok, Konten Islami, Mahasiswa, Pemahaman Keislaman.
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:55
Last Modified: 17 Jan 2023 08:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4406

Actions (login required)

View Item View Item