Nuraisyah, Tri (2022) Implementasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Bahasa Arab Masa Pandemi Covid-19 di Kelas XI Sosial Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1200.059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan: (1). Implementasi penggunaan Google Classroom pada pembelajaran bahasa Arab di kelas XI Sosial Madrasah Aliyah Negeri Pinrang (2). Persepsi Peserta didik terhadap implementasi penggunaan Google Classroom pada pembelajaran bahasa Arab di kelas XI Sosial Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologi dengan pendekatan penelitian yaitu deskriptif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pendidik bahasa Arab yang mengajar di kelas XI sosial dan peserta didik MAN Pinrang dari kelas XI sosial. Setelah data di peroleh secara penuh kemudian data di analisis degan menggunakan teknik model Miles dan Huberman dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Implementasi penggunaan Google Classroom pada pembelajaran bahasa Arab di kelas XI Sosial Madrasah Aliyah Negeri Pinrang adalah a). Perencanaan dalam implementasi penggunaan Google Classroom pada pembelajaran bahasa Arab dilakukan dengan mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran, materi ajar, handphone atau leptop, kuota internet dan platform pembelajaran daring seperti Google Classroom. b). Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Google Classroom melalui tiga kegiatan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup pelaksanaan pembelajaran didasarkan dengan menyampaikan materi, media pembelajaran, metode pembelajaran, dan strategi pembelajaran. c). Evaluasi pembelajaran ditinjau pada penelitian kognitif , penilaian afektif, dan penilaian psikomotorik (2) Persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran Google Classroom pada mata pelajaran bahasa Arab kelas XI Sosial MAN Pinrang yaitu penggunaan Goggle Classroom yang simple dan pembelajaran menggunakan Google Classroom yang disampaikan pendidik sudah jelas dan menarik sehingga menumbuhkan semangat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Google Classroom, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Yusaerah
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:43
Last Modified: 26 Dec 2022 01:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4323

Actions (login required)

View Item View Item