Azwan, Muh. Khairul (2021) Implementasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an dalam Pembelajaran Qira’ah Mata Pelajaran Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII MTs DDI Al-Ihsan Kanang Kabupaten Polewali Mandar. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1200.039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik kelas VII MTs DDI AL-Ihsan Kanang, 2) Mendeskripsikan pembelajaran qira’ah pada mata pelajaran bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs DDI AL-Ihsan Kanang, dan 3) Mendeskripsikan implementasi kemampuan membaca al-Qur’an dalam pembelajaran Qira’ah peserta didik kelas VII MTs DDI AL-Ihsan Kanang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi instrumen penelitian ini adalah guru-guru dan peserta didik dengan mengimplementasikan kemampuan membaca al-Qur’an dalam pembelajaran Qira’ah mata pelajaran bahasa Arab. Uji keabsahan data dilakukan dengan empat kriteria yaitu derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan dalam pembelajaran Qira’ah peserta didik itu terdiri dari kualitas kemampuan membaca al-Qur’annya Berdasarkan tes membaca al-Qur’an yang telah dilakukan terdapat data hasil tes yang menunjukkan bahwa dari 32 peserta didik yang ada dikelas VII.1 dua diantaranya kurang mampu membaca dalam segi makhrijul hurufnya, hukum nun sukun dan tanwin, dan qalqalah. al-Qur’an dan 2 lainnya sudah tidak mampu dalam segi makhrijul huruf, dan qalqalah. Adapun 12 peserta didik lainnya telah dikategorikan sudah mampu atau sudah dan mendekati sempurna dalam membaca al-Qur’an baik itu dari segi mampu penyebutan makharijul hurufnya, hukum bacaan nun sukun dan tanwinnya, dan qalqalah. Pembelajaran Qira’ah di MTs DDI Al-Ihsan Kanang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, penutup dan evaluasi. Pembelajaran Qira’ah secara umum ialah membaca merupakan aktivitas berfikir, menilai, menganalisis, dan memecahkan masalah. Implementasi kemampuan membaca al-Quran dalam pembelajaran Qira’ah terdapat saling keterkaitan, yakni untuk dapat mudah dalam pembelajaran Qira’ah merupakan pembelajaran yang dapat mengetahui cara membaca al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelajaran bahasa Arab, Pembelajaran Qira’ah, Al-Qur’an.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Yusaerah
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:42
Last Modified: 26 Dec 2022 01:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4321

Actions (login required)

View Item View Item