Afifa, Nurul (2022) Implementasi Kitab Syarah Al-Jurumiyah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Santriwati Al-Risalah Batetangnga Polman. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1200.011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pondok pesantren Al-Risalah Batetangnga merupakan pondok pesantren yang berbasis salaf yang berfokus kepada pembelajaran ilmu keagamaan dengan mengkaji kitab kitab klasik, dari sinilah para santri didik dengan ilmu agama dan ilmu bahasa Arab, di pondok pesantren Al-Risalah Batetangnga terdapat beberapa kitab yang menjadi materi pokok di pondok pesantren tersebut yang wajib dipelajari oleh seluruh santri sebagai rujukan utama dalam meningkatkan kemahiran bahasa Arab santriwati. Olehnya itu, dengan beragam kitab kalasik dan berbagai metode yang digunakan mendorong para pengkaji ilmu melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab yang ada di pondok pesantren Al-Risalah Batetangnga Polman, 2) pengimplementasian kitab Syarah Al- Jurumiyah dalam pembelajran bahasa Arab, dan 3) kelebihan dan kekurangan penggunaan kitab Syarah Al-Jurumiyah dalam pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, sasaran penelitian ini adalah ustadz dan santriwati dengan mengimplementasikan kitab Syarah Al- Jurumiyah sebagai kitab panduan dalam pembelajaran bahasa Arab. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan dilengkapi teknik analisis data menggunakan reduksi data. Dan uji keabsahan datanya dengan triangulasi data yaitu: triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kitab Syarah Al- Jurumiyah dalam pembelajaran bahasa Arab Santriwati Pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga Polman yaitu: 1) proses pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan di pondok pesantren Al-Risalah Batetangnga Polman berjalan sesuai dengan adat kepesantrenan yang serba klasik, mulai dari kitab yang digunakan hingga metode yang diterapkan 2) kitab Syarah Al-Jurumiyah merupakan kitab panduan yang digunakan para ustadz di pondok pesantren Al-Risalah Batetangnga Polman, untuk mengajarkan bahasa Arab terkhusus dalam bidang ilmu nahwu, dan pengaplikasian kitab tersebut menggunakan teknik menerjemahkan (memberi makna sesuai dengan kode nahwu) 3) kelebihan penggunaankitab kitab Syarah Al-Jurumiyah dalam pembelajaran bahasa Arab adalah santriwati dapat menguasai kaidah-kaidah nahwu yang dipraktekkan melalui mengi‟rob suatu kalimat, sehingga mereka dengan mudahnya membaca teks arab yang tidak memiliki harakat, dan kekurangannya adalah kitab ini prakteknya berfokus dalam pengajaran keterampilan membaca saja, sehingga keterampilan muhadasah santriwati tidak diperhatikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa Arab, kitab Syarah Al-Jurumiyah, kode nahwu
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Yusaerah
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:39
Last Modified: 26 Dec 2022 01:39
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4318

Actions (login required)

View Item View Item