Rahayu, Sri (2022) Penerapan Strategi Polya Pada Pembelajaran IPA Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Di Kelas VII MTs Muhammadiyah Punnia Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.84206.021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Penerapan Strategi Polya Pada Pembelajaran IPA Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Di Kelas VII MTs Muhammadiyah Punnia Kabupaten Pinrang bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi polya pada pembelajaran IPA dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada soal-soal IPA di kelas VII MTs Muhammadiyah Punnia setelah penerapan strategi polya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah IPA siswa terutama dalam mengerjakan soal-soal IPA yang bersifat matematis, hal ini dibuktikan dari hasil ulangan siswa yang masih berada dibawah nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 71,3 dengan persentase siswa yang tuntas 45% berada pada kualifikasi D (Kurang). Pada siklus II nilai rata-rata kelas 79,9 dengan persentase siswa yang tuntas 80% berada pada kualifikasi B (Baik). Pada siklus III nilai rata-rata kelas 87,2 dengan persentase siswa yang tuntas 100% berada pada kualifikasi A (Sangat Baik). Berdasarkan temuan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi polya dengan baik pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Punnia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Polya, Pembelajaran IPA, Pemecahan Masalah, Kelas VII, Kuantitatif
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 21 Oct 2022 08:26
Last Modified: 21 Oct 2022 08:26
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4196

Actions (login required)

View Item View Item