Sari, Rachmina (2022) Implementasi Fungsi-fungsi Manajamen dalam Layanan Pendidikan di Madrasah Aliyah LilBanat Ujung Lare Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
17.1900.033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Manajemen merupakan salah satu penunjang dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dalam sebuah lembaga pendidikan. Mekanisme manajemen yang tidak baik akan berpengaruh terhadap mutu ataupun out put pendidikan. Manajemen yang bersifat profesional diperlukan dalam pencapaian tujuan suatu institusi pendidikan secara efektif dan efisisen, yang mana hal ini juga dipusatkan kepada pencapaian fungsi-fungsi manajemen dan hasil yang diukur. Adapun pengertian manajemen pendidikan adalah manajemen yang diterapkan dalam pengembangan pendidikan. Dalam arti ia merupakan seni dan ilmu secara efektif dan efisisen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), pengendalian (controlling) dalam layanan pendidikan yang ada di madrasah aliyah DDI Lilbanat Ujung Lare Parepare serta apa saja ygng menjadi kendala dan pendorong dalam memberikan layanan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data penulis melakukan wawancara langsung dengan nara sumber, observasi, dokumentasi dan uji keabsahan data dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi fungsi-fungsi manajemen di madrasah aliyah DDI Lilbanat Ujung Lare melitputi (a) perencanaan (planning) pelayanan pendidikan dilakukan melalui rapat kerja pada awal tahun pelajaran dengan melihat keadaaan madrasah maupun peserta didiknya; (b) wewenang pengorganisasian (organizing) ada pada kepala madrasah yang mendelegasikan program kerja masing-masing terhadap wakil kepala urusan, kemudian diperinci dalam tim-tim kecil yang melaksanakan program-program madrasah; (c) pelaksanaan (actuating) dilaksanakan dengan komunikasi yang intens oleh tim yang telah diberikan tanggung jawab; (d) pengendalian (controlling) dilakukan oleh kepala madrasah untuk mengatur dan memantau kegiatan/program kerja agar berjalan sesuai dengan ketetapan yang telah dibuat; (2) kendala yang dialami yaitu alokasi waktu yang kurang memungkinkan, pandemi covid-19 yang membuat beberapa program tertunda, serta pendanaan lebih kecil dari yang telah direncanakam (3) pendukungnya yaitu berasal dari sumber daya manusianya dan kemampuan kepala madrasah dalam mengelola sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fungsi-fungsi manajemen, mutu layanan, pendidikan.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 20 Oct 2022 08:00
Last Modified: 20 Oct 2022 08:00
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4160

Actions (login required)

View Item View Item