Zahia, Nur Ina Fidzha (2022) Implementasi Metode Numbered Head Tugether (NHT) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Al-Quran Hadits Pesera didik Kelas VIII.4 MTs Negeri Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat dan memastikan apakah pengimplementasian metode numbered head together (NHT) mampu meningkatkan keaktifan belajar al-Quran Hadits peserta didik di kelas VIII.4 MTs Negeri Parepare. Peningkatan keaktifan belajar dapat dilakukan dengan mengaplikasikan metode numbered head togethter (NHT) pada pembelajaran di dalam kelas, karena dengan metode ini pendidik akan lebih mengutamakan aktivitas peserta didik untuk menemukan, mengatur dan mengungkapkan informasi dari seluruh sumber yang selanjutnya menyajikan dalam bentuk presentasi. Dengan menerapkan metode pembelajaran ini diharapkan akan memberikan peningkatan keaktifan belajar al- Quran hadits peserta didik di MTs Negeri Parepare. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan isntrumen pengumpulan data lembar ceklis dan dokumentasi. Pelaksanaan peneitian ini memperoleh hasil: (1) penerapan metode belajar numbered head together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan belajar Al-Quran Hadits peserta didik. (2) keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan terlihat pada pra siklus yaitu berada pada kategori sangat rendah dengan perolehan rata-rata yaitu 2. Setelah metode numbered head together (NHT) diterapkan pada siklus I perolehan rata-rata skor keaktifan belaajr peserta didik meningkat menjadi 3 yang bila didistribusikan maka akan menduduki kategori sedang. Kemudian pembelajaran dilanjutkan ke tahap siklus II dengan mempertimbangkan refleksi yang ada pada siklus I dan diperoleh hasil rata- rata keaktifan belaajr peserta didik mencapai angka 4 dan bila didistribusikan maka menduduki kategori tinggi. (3) Metode pembelajaran numbered head together (NHT) mampu meningkatkan keaktifan belajar Al-Quran Hadits peserta didik dibuktikan dengan nilai MI + 1 SD ≥ `A, dimana A = Jumlah Skor Aktivitas Belajar : Banyaknya Peserta Didik (terlampir pada lampiran 7-9) sehingga hipotesis dapat diterima dan ini berarti Implementasi Metode Numbered Head Together dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar al-Quran Hadits Kelas VIII.4 MTs Negeri Parepare

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Numbered Head Together, Keaktifan Belajar, Materi al-Quran Hadits
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Alim Fasieh
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:01
Last Modified: 20 Oct 2022 01:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4159

Actions (login required)

View Item View Item