Pengaruh Penerapan Media Gambar dan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Fikih Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Jabal Nur Buntu Bendo Kab. Luwu

Ilmi, Miftahul (2022) Pengaruh Penerapan Media Gambar dan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Fikih Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Jabal Nur Buntu Bendo Kab. Luwu. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img] Text (Full Text)
18.1100.024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan, tentu Pendidik memiliki banyak ide bagaimana caranya agar peserta didik mendapatkan nilai yang memuaskan, dengan gaya belajar mereka yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk mendapatkan nilai yang memuaskan perlu adanya Pendidik yang kreatif yang mampu mengimbangi gaya belajar peserta didik yang berbeda-beda. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media gambar dan metode demonstrasi terhadap hasil blajar fikih peserta didik di MI Jabal Nur Buntu Bendo Kab. Luwu.

Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar dan metode demonstrasi, sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 32 peserta didik. Dalam pengumpulan data digunakan metode angket untuk mengukur pengaruh media gambar dan metode demonstrasi, sedangkan hasil belajar peserta didik menggunakan nilai raport. Hasil Analisis validitas instrumen dengan rumus korelasi product moment berdasarkan pada taraf signifikan 0,05 diperoleh 47 item valid. Nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh 0,909 untuk variabel media gambar, 0,93 untuk variabel metode demonstrasi.

Hasil hipotesis variabel media gambar dengan hasil belajar fikih peserta didik sebesar T hitung = 2,661 dan T tabel = 2,045, karena nilai T hitung > T table maka artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan media gambar terhadap hasil belajar fikih peserta didik dan hasil hipotesis variabel metode demonstrasi dengan hasil belajar fikih peserta didik sebesar T hitung = 2,096 dan T tabel = 2,045 oleh karena T hitung > T tabel maka artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar fikih peserta didik. Sedang variabel media gambar (X1) dan metode demonstrasi (X2) dengan hasil belajar fikih(Y) sebesar F hitung = 6,329 dan F tabel = 3,32, oleh karena F hitung > F tabel maka artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara media gambar dan metode demonstrasi terhadap hasil belajar fikih peserta didik di MI Jabal Nur Buntu Bendo Kab. Luwu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Metode Demonstrasi dan Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Alim Fasieh
Date Deposited: 20 Oct 2022 00:58
Last Modified: 20 Oct 2022 00:58
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4157

Actions (login required)

View Item View Item