Irawati, Irawati (2022) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Matematika dengan Kriteria Watson dan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1600.008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dengan Kriteria Watson dan gaya belajar siswa kelas VIII MTsN Parepare, (2) Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika dengan kriteria watson dan gaya belajar siswa kelas VIII MTsN Parepare, (3) Upaya yang dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika dengan kriteria watson dan gaya belajar siswa kelas VIII MTsN Parepare. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian mixed metode dengan menggunakan model explanatory sequential design. Adapun sumber data diperoleh secara langsung berupa observasi dengan pemberian kuesioner, dan tes evaluasi pada peserta didik kelas VIII.3 di MTsN Parepare. Setelah pemberian tes maka peneliti memilih subjek untuk di wawancara. Adapun kriteria dalam menentukan subjek penelitian yaitu perwakilan siswa disetiap soal yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal berdasarkan kriteria Watson. Teknik analisis data yang digunakan dalam data kuantitatif adalah statistik deskriptif, sedangkan data kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gaya belajar auditori sebanyak 4 jenis kategori kesalahan yaitu ID sebanyak 40%, OC sebanyak 20%, RLC sebanyak 40% dan AO sebanyak 40%. (2) gaya belajar kinestetik sebanyak 3 jenis kategori kesalahan berdasarkan kriteria Watson yaitu ID sebanyak 25%, OC sebanyak 50% dan SHP sebanyak 25%. (3) pada gaya belajar visual sebanyak 5 jenis kategori kesalahan berdasarkan kriteria Watson yaitu ID sebanyak 9%, OC sebanyak 55%, RLC sebanyak 18% , SHP sebanyak 27% dan AO sebanyak 18%. Adapun faktor yang mempengaruhi kesalahan yaitu faktor internal yang dipengaruhi oleh motivasi, minat dan keterampilan sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh wabah Corona Virus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Soal Matematika, Kriteria Watson, Gaya Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 20 Oct 2022 00:48
Last Modified: 20 Oct 2022 00:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4155

Actions (login required)

View Item View Item