Puji, Andi Nia Daeng (2022) Eksplorasi hasil belajar matematika melalui pendekatan matematika realistik ditinjau dari kemampuan numerik di SMP Negeri 2 Patampanua. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1600.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pendekatan matematika realistik diharapkan mampu memberikan harapan bagi dunia pendidikan khususnya bidang matematika, selama ini hal tersebut menjadi kendala bagi siswa untuk belajar lebih baik dan efektif dalam pembelajaran di sekolah maupun dalam pendidikan matematika. Secara umum untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods). Desain dalam penelitian yang digunakan ialah sequential explanatory design. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahapan yang berbeda. Tahap pertama akan dilakukan penggumpulan data kuantitatif, kemudian pada tahap kedua dilakukan pengumpulan data kualitatif. Kedua tahap pengumpulan data tersebut akan dilakukan pada satu kelompok kelas yang sama. Hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Patampanua dengan menggunakan pembelajaran pendekatan matematika realistik berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 73,3dari 28 siswa.Berdasarkan data yang telah diolah dan diperkuat dengan wawancara dapat diketahui bahwa pendekatan matematka realistik terhadap hasil belajar ditinjau dari kemampuan numerik membawa pengaruh positif dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Patampanua. Oleh karena itu para guru sebaiknya menciptakan suasana belajar yang aktif dalam proses pembelajaran sehingga guru tidak lagi menjadi teacher center tapi menjadi mediator maupun fasilitator untuk mengeksplorasi potensi peserta didik, keberanian dan rasa percaya diri peserta didik, serta kreativitas peserta didik agar aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Matematika Realistik, Hasil Belajar, Kemampuan Numerik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:59
Last Modified: 19 Oct 2022 04:59
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4153

Actions (login required)

View Item View Item