Kurniawan, MN Rahmat (2021) Nabi Muhammad SAW Sebagai Pendidik (Studi Metode Pendidikan Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1100.036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses budaya untuk memajukan nilai pengetahuan dan martabat seorang manusia. Dalam pendidikan Islam terdapat metode-metode pendidikan yang digunakan dalam prosesnya, Nabi Muhammd merupakan seorang pendidik yang sempurna yang mempunyai metode-metode mendidik yang sesuai dengan kaidah agama islam Jenis Penelitian ini adalah penelitian studi pustaka, di mana penulis menjadikan metode-metode pendidikan nabi Muhammad sebagai sumber penelitian ini. Penelitian ini dilakukan penulis terkait Nabi Muhammad sebagai pendidik (studi metode pendidikan islam) dengan mengumpulkan data-data dari hasil bacaan. Penelitian ini mengunakan teknik analisis content. Hasil penilitianmenunjukan bahwa Nabi Muhammad sebagai pendidik memiliki sifat dan watak yang teguh pendiran, berani, dan tabah dalam mendidik. Ada tujuh metode pendidikan yang sering di gunakan nabi Muhammad antara lain metode bill hikmah, motivasi, peragaan, gradual, kisah, tamsil, dan ganjaran dan hukuman, metode Rasulullah ini relevan dengan metode pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Islam, Metode, Nabi Muhammad SAW.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nurindah Sari
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:15
Last Modified: 17 Oct 2022 07:15
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4140

Actions (login required)

View Item View Item