Karlina, Karlina (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Internet Terhadap Pemahaman Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1700.013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Media pembelajaran berbasis internet merupakan pembelajaran yang menggunakan sarana komputer dengan jaringan internet. Sedangkan media pembelajaran berbasis internet yang digunakan dalam pembelajaran online yaitu online learning atau e-learning, adalah pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronik. Adapun aplikasi atau media yang digunakan dalam online learning yaitu, Zoom, Google Clasroom, Google From, Google Meet, Youtube dan Email. Sehingga untuk megetahui penggunaan media pembelajaran berbasis internet dapat memepengaruhi pemahaman peserta didik. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis internet terhadap pemahaman peserta didik mata pelajaran IPS kelas VIII Di SMP Negeri 5 Parepare. Penelitian ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan selama kurang lebih 1 (satu) bulan. Dengan menggunakan jenis penelitian ex post facto (after the fact), dengan metode pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 54 responden. Dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis Uji Signifikan (Sig.0,5) diperoleh nilai deviation from linearity sebesar 0,000<0,5 ini berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran berbasis internet terhadap pemahaman peserta didik mata pelajaran IPS kelas VIII Di SMP Negeri 5 Parepare. Dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,459 (4,59%). Hal ini berarti bahwa pengaruh media pembelajaran berbasis internet terhadap pemahaman peserta didik adalah sebesar 4,59% sedangkan sisanya 54,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Internet, Pemahaman
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 14 Oct 2022 03:44
Last Modified: 14 Oct 2022 03:44
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4127

Actions (login required)

View Item View Item