Putria, Yuyunk (2022) Pengaruh Promosi Jasa Endorse terhadap Minat Beli Produk Fashion Mahasiswa FEBI IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.2400.095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Endorsement adalah saluran dari komunikasi merek, dimana selebriti berperan sebagai juru bicara dan mendukung merek tersebut dengan segala atribut kepopuleran, kepribadian dan status sosial yang dimiliki. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa baik Promosi jasa endorse dan minat beli pada mahasiswa FEBI IAIN Parepare. Untuk mengetahui hubungan promosi jasa endorse terhadap minat beli produk fashion mahasiswa FEBI IAIN Parepare, dan untuk mengetahui pengaruh promosi jasa endorse terhadap minat beli produk fashion mahasiswa FEBI IAIN Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei atau angket. Sampel penelitian ini sebanyak 96 responden dari 2.361 jumlah populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji One Sampel T-test, uji korelasi pearson product moment, uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi yang menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian dengan teknik One Sampel T-test seberapa baik promosi jasa endorse (X) diperoleh nilai 71,9% berada pada kategori baik. Kedua seberapa baik minat beli (Y) diperoleh nilai sebesar 72,5%. Hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh 0,707 menandakan bahwa terdapat hubungan kuat antara promosi jasa endorse dengan minat beli mahasiswa Febi IAIN Parepare. Diketahui r tabel 0,200 maka pearson correlation dalam penelitian ini bersifat positif dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka terdapat hubungan yang signifikan, maka promosi jasa endorse dengan minat beli mahasiswa Febi IAIN Parepare terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Hasil uji regresi linear sederhana diketahui angka koefisien regresi nilainya sebesar 0.657. maka setiap penambahan 1% menggunakan promosi jasa endorse (X), maka minat beli (Y) akan meningkat sebesar 0,657. Hasil uji koefisien determinasi bahwa R square diperoleh 0,499 dengan tingkat hubungan rendah, memiliki arti bahwa 49,9% minat beli (Y) dipengaruhi promosi jasa endorse (X) dan 50,1% dipengaruhi oleh variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi Jasa Endorse, Minat Beli, Produk Fashion.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:33
Last Modified: 11 Oct 2022 02:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4092

Actions (login required)

View Item View Item