Tri Putri Sainal, Nita (2022) Pengaruh Pengembalian Uang Koin Menjadi Donasi Terhadap Kepuasan Konsumen Alfamart Soreang (Analisis Ekonomi Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
18.2400.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Alfamart merupakan brand minimarket penyedia kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu Alfamart juga mempunyai kegiatan amal, yang dimana kegiatan amal itu mengajak konsumen untuk melakukan kegiatan amal, dimana pada akhir transaksi pembayaran kasir akan menawarkan kepada konsumen untuk memberikan donasi dengan uang koin/receh dan inilah disebut sebagai donasi Konsumen Alfamart. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengembalian uang koin menjadi donasi terhadap kepuasan konsumen Alfamart Soreang (2) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan konsumen terhadap pengembalian uang koin menjadi donasi (3) Untuk mengetahui pengaruh pengembalian uang koin menjadi donasi terhadap kepuasan konsumen Alfamart Soreang (4) Untuk mengetahui hubungan antara pengembalian uang koin menjadi donasi terhadap kepuasan konsumen Alfamart Soreang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey atau angket. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Alfamart Soreang, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan adalah 100 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung pembagian kusioner di Alfamart dan menggunakan kusioner melalui aplikasi Google form yang telah di uji validitas dan realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan uji hipotesis bahwa pengembalian uang koin menjadi donasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Alfamart soreang. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik uji tdidapatkan nilai sig 0,00 < 0,05. Adapun perbandingan thitung dengan ttabel didapatkan hasil thitung 5,564 >ttabel 1,984. Dengan demikan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifkan antara pengembalian uang koin menjadi donasi dengan kepuasan konsumen Alfamart Soreang (Analisis Ekonomi Islam). Serta memiliki derajat hubungan yang cukup kuat, dapat dilihat pada uji korelasi person product momentdapat diketahui bahwa variabel pengembalian uang koin menjadi donasi (X) dengan variabel kepuasan konsumen (Y) memiliki hubungan (berkolerasi). Hal ini dapat dilihat pada nilai sig. 0,00 < 0,05 sehingga dinyatakan berkorelasi.Demikian H0 ditolak dan Haditerima. Dan nilai Pearson Correlation yaitu 490, sehingga hubungan antara variabel pengembalian uang koin menjadi donasi dengan variabel kepuasan konsumen berada dalam tahap cukup kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Uang Koin, Donasi, Kepuasan Konsumen, Alfamart
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:23
Last Modified: 06 Oct 2022 02:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4074

Actions (login required)

View Item View Item