Widyastuti, Nugrahani (2022) Pengaruh layanan Grabfood terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Parepare (Analisis Ekonomi Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
18.2400.048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Setiap konsumen pada umumnya ingin mendapatkan pelayanan yang optimal. Pelayanan optimal yang disediakan oleh perusahaan dapat memberikan kepuasan konsumen sehingga harapan layanan dapat dipenuhi sesuai dengan biaya yang dikeluarkan konsumen. Namun, apabila konsumen tidak mendapatkan pelayanan yang baik maka ia akan merasa kecewa dan menimbulkan keluhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan Grabfood terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare (Analisis Ekonomi Syariah). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare dan sampel yang dibutuhkan sebanyak 96 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji one sample t test, uji pearson product moment, dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis bahwa layanan Grabfood berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t didapatkan nilai 6,156 > 1,985 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Memiliki derajat hubungan yang sedang, yang dapat dilihat pada uji korelasi pearson product moment dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,536 pada signifikansi 0,000. Karena signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapat hubungan atau korelasi positif. Pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai R sebesar 0,536 (53,6%). nilai koefisien determinasi tersebut menunjukkan bahwa variasi dari variabel independen yaitu Layanan Grabfood dapat menerangkan variabel Kepuasan Konsumen (28,7%), sedangkan (71,3%) dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak terdapat didalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Layanan, Kepuasan, Grabfood, Mahasiswa
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:15
Last Modified: 06 Oct 2022 02:15
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4070

Actions (login required)

View Item View Item