Tahir, Jumrah (2022) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen di Cafe Nuara Kota Parepare (Analisis Ekonomi Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
18.2400.052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kualitas produk merupakan salah satu hal yang penting dalam melakukan keputusan pembelian, oleh sebab itu perusahaan harus lebih memperhatikan kualitas produknya. Semakin baik kualitas produk tersebut maka semakin meningkat daya tarik konsumen untuk melakukan pembelian selanjutnya dan kualitas produk yang baik juga dapat menciptakan loyalitas konsumen. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui seberapa baik kualitas produk di Cafe Nuara Kota Parepare, untuk mengetahui seberapa baik loyalitas konsumen di Cafe Nuara Kota Parepare, untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen di Cafe Nuara Kota Parepare, untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen di Cafe Nuara Kota Parepare, untuk mengetahui analisis ekonomi syariah terhadap kualitas produk dan loyalitas konsumen di Cafe Nuara Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatf deskriptif. Lokasi penelitian berada di Cafe Nuara Kota Parepare dan waktu penelitian 31 hari. Instrumen pengumpulan data dilakukakan dengan kuesioner. Sampel penelitian sebanyak 91 orang dari 1000 jumlah populasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji korelasi pearson produck moment, uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan uji hipotesis bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Cafe Nuara Kota Parepare. Hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh 0,800 menandakan bahwa terdapat hubungan kuat antara kualitas produk dengan loyalitas konsumendi Cafe Nuara Kota Parepare. Diketahui r tabel 0,206 maka pearson correlation penelitian ini bersifat positif dan nilai signifkansi 0,00 < 0,05 maka terdapat hubungan yang signifikan, maka kualitas produk dengan loyalitas konsumen di Cafe Nuara Kota Parepare terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Hasil uji regresi linear sederhana diketahui angka koefisien regresi nilainya sebesar 0.600. maka setiap penambahan 1% menggunakan kualitas produk (X), maka loyalitas konsumen (Y) akan meningkat sebesar 0,600. Hasil uji koefisien determinasi bahwa R square diperoleh 0,639 dengan tingkat hubungan baik, memiliki arti bahwa 63,9% loyalitas konsumen (Y) dipengaruhi kualitas produk (X) dan 36,1% dipengaruhi variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:14
Last Modified: 06 Oct 2022 02:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4069

Actions (login required)

View Item View Item