Ulfasari, Nining (2022) Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Gadai di Pegadaian Cabang Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
18.2400.059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Peningkatan kualitas layanan dari waktu ke waktu menjadi hal yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan untuk tetap bertahan dalam lingkungan industri jasa yang semakin kompetitif. Salah satunya adalah dengan meningkatkan strategi untuk mempertahankan konsumen dengan memberikan layanan yang berkualitas akan menghasilkan kepuasan sehingga mempengaruhi keputusan konsumen untuk kembali menggunakan jasa di perusahaan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa baik kualitas layanan dan keputusan nasabah menggunakan jasa gadai di Pegadaian Cabang Parepare, hubungan kualitas layanan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa gadai di Pegadaian Cabang Parepare, serta pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa gadai di Pegadaian Cabang Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pendekatan asosiatif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji one sample t-test, uji korelasi product moment, uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi yang menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas layanan di Pegadaian Cabang Parepare termasuk kategori sangat baik dengan angka persentasi yaitu 89%. (2) Keputusan nasabah menggunakan jasa gadai di Pegadaian Cabang Parepare termasuk kategori sangat baik dengan persentasi 84,9%. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas layanan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa gadai di Pegadaian Cabang Parepare. Hasil uji kolerasi pearson product moment diperoleh nilai 0,601 yang menunjukkan bahwa kolerasi kedua variabel kuat. (4) Terdapat pengaruh yang positf dan signifikan antara kualitas layanan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa gadai di Pegadaian Cabang Parepare. Hasil perhitungan analisis regresi linear sederhana, diperoleh nilai t hitung 7,167 > t tabel 1,986 dan Sig. 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak Ha diterima. Pengujian koefisian determinasi memperoleh nilai R Square sebesar 0,361. Artinya kualitas layanan mampu menjelaskan keputusan nasabah menggunakan jasa gadai sebesar 36,1% sedangkan sisanya 63,9% dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kualitas, layanan, keputusan, nasabah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:08
Last Modified: 06 Oct 2022 02:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4067

Actions (login required)

View Item View Item