Nuraisyah, Nuraisyah (2019) Praktik Penurunan Harga Terhadap Persaingan Ritel Modern di Kota Parepare, Analisis Hukum Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
13.2200.144.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Praktik penurunan harga adalah kegiatan-kegiatan ekonomi dalam lingkup promosi yang dilakukan oleh suatu industri yang menjadikan harga barang menjadi lebih murah atau rendah dari harga sebenarnya/ harga yang berlaku di pasaran, seperti penurunan harga dengan diskon, banting harga, promo, serta cuci gudang. Praktik-praktik tersebut telah banyak diterapkan dalam dunia ritel modern yang tujuannya adalah untuk menarik minat masyarakat dalam berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik penurunan harga pada ritel modern di kota Parepare dan untuk menganalisis hukum ekonomi Islam terhadap praktik tersebut. Jenis penelitian yaitu field research dalam bentuk deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer (primary data) dan data sekunder (secondary data). Data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari objek yang akan diteliti. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku-buku yang berhubungan dengan objek penelitian dalam bentuk laporan, skripsi, tesis, dan disertasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi. Penelitian kualitatif mengutamakan analisis data secara induktif, dari lapangan tertentu yang bersifat khusus, untuk ditarik suatu proposisi atau teori yang dapat digeneralisasikan secara luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan praktik-praktik penurunan harga dalam kegiatan ekonomi ritel modern merupakan suatu strategi pemasaran dalam menarik minat masyarakat agar meningkatkan penjualan perusahaan agar tetap dapat bersaing dengan pelaku usaha ritel lainnya. Praktik penurunan harga tersebut dalam pengaplikasiannya tidaklah menyimpang dari hukum ekonomi Islam sehingga boleh dilakukan atau diterapkan dalam bisnis ritel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Harga, Promosi, Hukum Ekonomi Islam.
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 04 Oct 2022 03:12
Last Modified: 04 Oct 2022 03:12
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item View Item