Irma, Irma (2022) Pengembangan dan Mekanisme Pemasaran Produk Gadai Pada Unit Pegadaian Syariah di Watang Sawitto. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.2300.005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pengembangan adalah usaha yang dilakukan untuk meningkatkan suatu kemampuan dengan cara pelaksanaan, penilaian dan penyempurnaan dalam suatu kegiatan yang dapat dilihat dari kinerja kerja karyawan dan omset perunit di Pegadaian Syariah Watang Sawitto Pinrang. Pengembangan Pegadaian Syariah di Kabupaten Pinrang cukup pesat karena masyarakat telah mengetahui adanya Pegadaian Syariah, terbukti ada beberapa unit Pegadaian Syariah yang telah didirikan di Kabupaten Pinrang yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memberikan jalan atau solusi ketika membutuhkan dana lebih cepat. Mekanisme pemasaran yaitu proses memasarkan produk kepada pasar menggunakan inovasi pemasaran yang tidak monoton agar Pegadaian Syariah dapat mengalami pengembangan. Penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi pengembangan produk gadai dilakukan oleh Pegadaian Syariah Watang Sawitto Pinrang adalah mempermudah nasabah pada melakukan gadai, memberikan kepercayaan dan pelayanan yang baik, dan memberikan rewerd kepada nasabah dari hasil lelang. Mengikuti pendidikan dan pelatihan atau diklat. 2) mekanisme produk gadai pada Pegadaian Syariah Watang Sawitto Pinrang yaitu membagikan brosur-brosur yang berisi tentang informasi produk gadai dan melakukan sosialisasi 3) kendala strategi pengembangan produk gadai yaitu minimnya keinginan masyarakat untuk melakukan transaksi produk gadai syariah dan persaingan yang ketat dengan perusahaan lain. 4) kendala dalam pemasaran produk gadai yaitu taksiran harga yang akan berubah sesuai dengan naik turunnya harga emas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Produk Gadai Syariah, Mekanisme Pemasaran
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Nur Yusaerah
Date Deposited: 22 Sep 2022 00:21
Last Modified: 22 Sep 2022 00:21
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3998

Actions (login required)

View Item View Item