Persepsi Masyarakat Terhadap Produk Bank Syariah (Studi di Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang)

Jumriah, Jumriah (2021) Persepsi Masyarakat Terhadap Produk Bank Syariah (Studi di Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img] Text (Full Text)
14.2300.118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang persepsi masyarakat terhadap produk bank syariah di Dusun Bunga Losie Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Hal-hal yang dipermasalahkan yaitu bagaimana pengetahuan masyarakat, faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi, dan bagaimana respon masyarakat terhadap produk bank syariah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat terhadap produk bank syariah, fakto-faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat terhadap produk bank syariah dan respon masyarakat terhadap produk bank banksyariah. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah masyarakat Dusun BungaLosie dan objek pada penelitian ini adalah persepsi masyarakat terhadap produk bank syariah. Teknik dan instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah pengamatan (Observasi), wawancara dan metode dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Masyarakat Dusun Bunga Losie sudah mengetahui tentang bank syariah dan produk-produknya, pengetahuan mereka akan keberadaan bank syariah telah terbukti dalam bentuk tabungan yang dimiliki masyarakat, tetapi sebagian masyarakat masih ada beberapa produk yang tidak diketahui karena promoai yang dilakukan bank syariah terhadap masyarakat dusun bunga losie masih kurang. Promosi yang dilakukan bank syariah menekankan pada edukasi kemasyarakat dengan menjelaskan sebuah sistem baru yang dapat memberikan alternatif ataupun menjadi pilihan utama bagi para masyarakat secara luas. 2) Faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap produk bank syariah yaitu kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh bank syariah kepada masyarakat khususnya masyarakat Dusun bunga losie .3) Respon masyarakat dusun bunga losie tidak begitu antusias. Masyarakat dusun bunga losie tidak tertarik untuk menabung atau menjadi nasabah di bank syariah dengan alasan jarak tempuh yang cukup memakan waktu lama dan tidak tersedianya pasilitas mesin ATM di tempat strategis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Produk, Bank Syariah, Masyarakat
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Sari Hidayati
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:11
Last Modified: 22 Sep 2022 06:11
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3984

Actions (login required)

View Item View Item