Saputri, Togeng (2022) Pengaruh Strategi Pemasaran Funding Officer Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia Kanca Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.2300.146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pemenuhan kepuasan nasabah menjadi salah satu faktor penting karena kepuasan nasabah ini merupakan tujuan akhir dari strategi pemasaran funding officer dalam jangka panjang serta mendorong agar perusahaan semakin memahami kebutuhan nasabah setianya itu, maka dari itu untuk memenuhi kepuasan nasabah, produsen harus menemukan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik strategi pemasaran funding officer, kepuasan nasabah yang ada di BRI Kanca Sidrap. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dan pengaruh strategi pemasaran funding officer terhadap kepuasan nasabah di BRI Kanca Sidrap. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik asosiatif. Pengumpulan data yang dilakukan survei kuesioner/ angket dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis data one sample t-test, uji korelasi product moment, regresi linear sederhana, dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan: berdasarkan dari uji one sample t test memperoleh t hitung -14,238 < t tabel 1,661, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Baiknya strategi pemasaran funding officer sebesar 90% dengan klasifikasi sangat baik, hasil dari uji one sample t test memperoleh nilai t hitung -13,070 < t tabel 1,661, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Baiknya kepuasan nasabah sebesar 89,8% dengan klasifikasi sangat baik. Hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh nilai r hitung 0,932 > r tabel 0,167 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,1, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara strategi pemasaran funding officer dengan kepuasan nasabah. Hasil perhitungan analisis regresi linear sederhana, Y= -1,556+ 0,520X, dengan signifikan 0,000 < 0,1, artinya ada pengaruh antara strategi pemasaran funding ofiicer dengan kepuasan nasabah. Pengujian koefisien determinasi memperoleh nilai R Square sebesar 0,869. Nilai ini memiliki sumbangsi sebesar 86,9% bahwah strategi pemasaran funding officer (X) mampu menjelaskan kepuasan nasabah (Y) dan 13,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Funding Officer, dan Kepuasan Nasabah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 16 Sep 2022 01:07
Last Modified: 16 Sep 2022 01:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3971

Actions (login required)

View Item View Item