Maming, Rina (2022) Respon Masyarakat Kelurahan Pajalele Kabupaten Sidrap Terhadap Bank Syariah Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
18.2300.129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia (disingkat BSI) merupakan lembaga yang ada di Indonesia yang beroperasi di bidang perbankan syariah. Bank tersebut diresmikan pada tanggal 1 Februari 2021 pukul 13.00 WIB atau bertepatan dengan tanggal 19 Jumadil Akhir 1442 H. Bank tersebut ialah hasil merger (penggabungan) dari Bank BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah menjadi Satu. Bank Syariah Indonesia menjadi bank syariah milik HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara). Adapun izin merger usaha ketiga bank syariah tersebut diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keungan dengan Nomor SR-3/PB.1/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan masyarakat Kelurahan Pajalele terhadap keberadaan Bank Syariah Indonesia dan respon masyarakat Kelurahan Pajelele terhadap Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penilitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengetahuan masyarakat Kelurahan Pajalele terhadap keberadaan Bank Syariah Indonesia cukup tinggi, tingginya pengetahuan masyarakat tersebut disebabkan karena mereka sering melewatinya, akan tetapi mereka tidak mengetahui bagaimana konsep dan produk apa saja yang ada di Bank Syariah Indonesia, walaupun ada masyarakat Kelurahan Pajalele yang mengetahui produk dari Bank Syariah Indonesia, tapi terkhusus hanya pada produk yang mereka gunakan saja juga dikarenakan adanya mutasi rekening yang sebelumnya dari BNI Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia. 2) Respon masyarakat Kelurahan Pajalele terhadap Bank Syariah Indonesia masih kurang, masih banyak yang belum pernah melakukan transaksi di Bank Syariah Indonesia, ada juga beberapa masyarakat yang tidak berminat menabung di Bank Syariah Indonesia, salah satunya disebabkan karena terbatasnya fasilitas Bank Syariah Indonesia seperti ATM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Respon Masyarakat, Bank Syariah Indonesia.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 16 Sep 2022 01:04
Last Modified: 16 Sep 2022 01:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3969

Actions (login required)

View Item View Item