Hermanto, Hendrik (2022) Relevansi Pengetahuan Nasabah Terhadap Keputusan Pemanfaatan Produk Gadai Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.2300.103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kebanyakan masyarakat memang sudah mengetahui apa itu bank syariah, tetapi tidak mengetahui produk-produk yang ditawarkan bank syariah sehingga masyarakat yang tidak tahu produk-produk bank syariah tentunya tidak akan berminat untuk menggunakan jasa bank syariah karena mereka menganggap bahwa fasilitas penunjang yang diberikan masih kalah dengan fasilitas yang ditawarkan oleh bank konvensional. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa jauh relevansi pengetahuan nasabah terhadap keputusan pemanfaatan produk gadai pada Bank Syariah Indonesia Parepare. Hal-hal yang dipermasalahkan yaitu bagaimana persepsi nasabah terhadap produk gadai, relevansi pengetahuan nasabah dan faktor-faktor apakah yang mempengaruhi nasabah memilih produk gadai. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan waancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode Miles & Huberman yaitu reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan penarikan simpulan (Conslucion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Persepsi nasabah terhadap pembiayaan gadai mendapat respon yang positif bagi nasabah, pengetahuan masyarakat tentang produk rahn khususnya di Bank Syariah Indonesia Parepare sudah mulai disukai nasabah karena bank syariah memiliki keunggulan jasa gadai yang dianggap lebih aman dan mudah, serta sistem pengelolaanya berdasarkan prisnsip syariah, serta pelayanan yang diberikan sangat baik. (2). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan produk gadai ada 3 faktor. Pertama: faktor promosi yang dipengaruhi oleh informasi yang diberikan melalui karyawan maupun masyarakat yang mengetahui produk gadai, kedua, faktor pelayanan yang dipengaruhi oleh karyawan, yang menjadikan sebuah referensi nasabah dalam memilih produk rahn di BSI Parepare, ketiga, faktor nilai taksiran yang dimana dapat membuat nasabah lebih tertarik karena nilai yang ditaksirkan dapat menutupi kebutuhan nasabah. (3). Relevansi pengetahuan nasabah dalam menggunakan produk gadai pada bank syariah sudah selaras dengan kegiatan bank syariah yang dimana memperhatikan perintah dan larangan dalam Al-Quran dan sunnah Rasul dimana prinsip dasar bank syariah dalah bebas riba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Keputusan, Produk Rahn, Bank Syariah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 16 Sep 2022 00:57
Last Modified: 16 Sep 2022 00:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3966

Actions (login required)

View Item View Item