Audia, Juan Asizah (2022) Pengaruh Promosi Produk Terhadap Minat Menabung Bank Muamalat Indonesia Kcp Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.2300.102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Perbankan syariah sebagai bank yang relatif baru dan berkembang, membutuhkan banyak orientasi pemasaran yang tepat untuk menarik minat nasabah atau calon nasabah. Kegiatan promosi menjadi sarana untuk memperkenalkan produk-produk yang dimiliki bank kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui apa saja yang disediakan oleh bank dan dapat meningakatkan minat menabung .Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Seberapa baik promosi produk di Bank Muamalat Indonesia Kcp Parepare, untuk mengetahui seberapa baik minat menabung Bank Muamalat Indonesia Kcp Parepare, untuk mengetahui hubungan promosi produk terhadap minat menabung di Bank Muamalat Indonesia Kcp Parepare, dan untuk mengetahui pengaruh Promosi Produk terhadap Minat Menabung di Bank Muamalat Indonesia Kcp Parepare. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif khususnya kuantitatif asosiatif. Penelitian memakan waktu 30 hari dan dilakukan di Bank Muamalat Indonesia Kcp Parepare. Observasi, angket, dan dokumentasi adalah semua metode pengumpulan data. 100 orang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan uji one sample T test, korelasi pearson product moment, dan regresi linier sederhana sebagai metode analisis datanya. Hasil penelitian dengan teknik One Sampel T-test seberapa baik promosi produk (X) diperoleh nilai 79% berada pada kategori baik. Kedua seberapa baik minat menabung (Y) diperoleh nilai sebesar 82,47%. Hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh 0,646 menandakan bahwa terdapat hubungan kuat antara promosi produk dengan minat menabung di Bank Muamalat Kcp Parepare. Diketahui r tabel 0,195 maka pearson correlation dalam penelitian ini bersifat positif dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapat hubungan yang signifikan, maka promosi produk dengan minat menabung di Bank Muamalat Kcp Parepare terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Hasil uji regresi linear sederhana diketahui angka koefisien regresi nilainya sebesar 0.479. maka setiap penambahan 1% menggunakan promosi produk (X), maka minat menabung (Y) akan meningkat sebesar 0,479. Hasil uji koefisien determinasi bahwa R square diperoleh 0,417 dengan tingkat hubungan moderat, memiliki arti bahwa 41,7% minat menabung (Y) dipengaruhi promosi produk (X) dan 58,3% dipengaruhi oleh variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi Produk, Minat Menabung.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 16 Sep 2022 00:55
Last Modified: 16 Sep 2022 00:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3965

Actions (login required)

View Item View Item