Pengembangan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Merode Bernyanyi di Tk Sit Yunais Islam Kota Pinrang

Munjiah, Syarifah (2022) Pengembangan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Merode Bernyanyi di Tk Sit Yunais Islam Kota Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img] Text
17.1800.009.pdf

Download (4MB)

Abstract

percaya diri adalah kekuatan yang ada pada diri sehingga merasa yakin pada kemampuan diri sendiri untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas dan dapat menikmati apa yang dilakukan guna mencapai kesuksesan dan kebanggaan diri. Metode bernyanyi adalah suatu pendekatan pembelajaran yang secara nyata mampu membuat anak senang dan bergembira. Anak diarahkan pada situasi dan kondisi psikis untuk membangun jiwa yang bahagia, senang menikmati keindahan, mengembangkan rasa melalui ungkapan kata dan nada, serta ritmik yang memperindah suasana pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan rasa percaya diri anak melalui metode bernyanyi terutama bagi peserta didik di Tk Sit Yunais Islam Kota Pinrang.

Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian lapangan atau field research, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang dalam arti mengumpulkan data dari subyek penelitian. Data tersebut diambil langsung dari observasi di sekolah, dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dimana peneliti fokus mengobservasi proses pembelajaran yang berlangsung dan metode yang digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas.

hasil belajar anak melalui metode bernyanyi mengalami perkembangan dengan baik, dengan pemeberian metode bernyanyi dapat memebantu anak dalam mengembangan kan rasa percaya dirinya, sesering mungkin pendidik menerapkan metode benryanyi ini maka dapat pula menambah keercaya diri anak untuk berani menampakkan diri di depan banyak orang. Dengan perkembangan yang di alami siswa dapat membuktikan bahwa pemberian metode bernyanyi dapat mengembangkan rasa percaya diri untuk anak saat bernyanyi di depan kelas dalam kegiatan bernyayi bersama. Dengan demikian metode bernyanyi dengan gerakan merupakan salah satu upaya yang dapat mengembangkan rasa percaya diri dalam diri anak .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan, Metode, kepercayaan diri, dan Bernyanyi
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170199 Psychology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 26 Aug 2022 05:38
Last Modified: 14 Oct 2022 01:25
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3871

Actions (login required)

View Item View Item