Meningkatkan Minat Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Contextual Teaching And Learning Pada Siswa MTs Manbaul Ulum DDI Patobong.

Ma’mun, Mutmainnah (2022) Meningkatkan Minat Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Contextual Teaching And Learning Pada Siswa MTs Manbaul Ulum DDI Patobong. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img] Text (Full Text)
17.1600.020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika di kelas masih banyak ditemui permasalahan. Salah satu masalah di kelas tersebut adalah kurangnya minat siswa dalam pembelajaran. Hal ini ditandai adanya sikap siswa yang cenderung bersikap pasif, enggan bertanya, takut atau malu untuk bertanya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap minat belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Manbaul Ulum DDI Patobong . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment yang melibatkan dua kelompok yang diberikan perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Manbaul Ulum DDI Patobong. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes untuk membedakan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan siswa kreatif rendah, kemudian menggunakan angket (angket awal dan angket akhir). Uji ANAVA diterapkan untuk menganalisis data diperoleh pada signifikan 0,05.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) minat belajar siswa yang menggunakan model CTL lebih baik dari pada pembelajaran langsung; (2) minat belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi tidak berbeda dengan pemiliki berpikir kreatif rendah; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat kemampuan berpikir kreatif; (4) minat belajar siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi yang menggunakan model CTL tidak berbeda dengan pembelajaran langsung; (5) minat belajar siswa dengan kemampuan berpikir kreatif rendah yang menggunakan model CTL lebih baik daripada pembelajaran langsung. (6) minat belajar siswa yang menggunakan model CTL dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi tidak berbeda dengan kreatif rendah; (7) minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi tidak berbeda dengan kreatif rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Contextual Teaching And Learning, Pembelajaran Langsung, Berpikir Kratif Tinggi/Rendah, Minat Belajar.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010404 Probability Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 26 Aug 2022 05:07
Last Modified: 26 Aug 2022 05:07
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3863

Actions (login required)

View Item View Item