Peranan Model Pembelajaran Kooprative Dalam Peningkatan Kepribadian Sosial Peserta Didik Kelas Vii Smp Ddi Mangkoso Kab.Barru

Antika, Rindi (2022) Peranan Model Pembelajaran Kooprative Dalam Peningkatan Kepribadian Sosial Peserta Didik Kelas Vii Smp Ddi Mangkoso Kab.Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img] Text (Full Text)
17.1700.029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Model pembelajaran ini merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP DDI Mangkoso, model pembelajaran koopratife sangat diperlukan. Selain itu model pembelajaran koopratif ini sangat menyenangkan karna dilaksanakan secara berkelompok dan tugas dari semua anggota kelompok akan bertanggung jawab mempelajari dan membantu teman-temannya yang kesulitan dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini menyajikan hasil belajar tentang pembelajaran koopratif yang merupakan metode belajar yang dilaksanakan dengan bekerja sama antara peserta didik, sehinggah nantinya peserta didik tidak semata mencapai kesuksesan secara individual atau saling menyalahkan antara peserta didik.namun mereka juga bisa membantu teman belajrnya yang berkemampuan dibawa standar minimum. Dengan demikian tumbuhlah jiwa sosial dalam dalam diri peserta didik. Uraian dibawah ini menawarkan untuk merekontruksi pembelajaran IPS disekolah yang semula memakai metode pembelajaran koopratif. Dengan tujuan agar peserta didik tidak merasa jenuh dalam mempelajari pendidikan IPS.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP DDI Mangkoso, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, dengan dilengkapi teknik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data.

Hasil penilitian ini menujjukan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran Kooperatif terhadap kepribadian sosial peserta didik kelas VII DDI Mangkoso Kab.BARRU sangat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. (2) peningkatan belajar siswa melalui kepribadian sosial peserta didik kelas VII DDI Mangkoso Kab.Barru dalam peningkatan belajar siswa sangat terpengaruh saat melakukan pembelajaran koopratif. (3) Model pembelajaran Kooperatif terhadap peningktan kepribadian sosial peserta didik kelas VII DDI Mangkoso Kab.Barru pembelajaran koopratif sangat efektif saat pembelajaran berjalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepribadia Sosial, Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 22 Aug 2022 07:15
Last Modified: 14 Oct 2022 03:29
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3786

Actions (login required)

View Item View Item