Magfiroh, Evi (2022) Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran di Kalangan Komunitas One Day One Juz Mahasiswa Prodi Pendididkan Agama Islam IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1100.097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Membaca kitab suci al-Quran merupakan suatu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang yang beragama Islam, karena kunci utama dalam pelaksanaan ibadah dari setiap jiwa muslim adalah mampu dalam membaca dan melantunkan ayat-ayat suci al-Qur’an. Dalam membaca al-Quran bukan hanya sekedar membaca seperti biasanya, namun memiliki sebuah seni dalam membaca al-Quran seperti pengucapan makhorijul huruf yang bagus serta penerapan kaidah tajwid yang tepat itulah dasar kemampuan dalam membaca al-Quran dengan baik dan benar. Penelitian ini dilakukan di Komunitas One Day One Juz Sahabat Al-Quran Komisariat IAIN Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan merupakan penelitian yang menitikberatkan pada hasil pengumpulan data dari para informan yang telah ditentukan. Adapun data yang diperoleh dari penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentas. Sedangkan teknik analasis data menggunakan teknik analisis kualitatif Huberman dan Mile yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian melakukan uji keabsahan data melalui teknik Credibility, Trasnferbility, Debility dan Confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan membaca al-Quran setiap mahasisiwa berbeda-beda dan dikelompokkan sesuai dengan tingkat kemampuan membaca al-Qurannya (2) Dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran mahasiswa pembelajaran al-Quran menerapkan suatau pendekatan atau metode dalam proses pembelajaran al-Quran, metode yang digunakan dalam proses pembelajaran al-Quran yaitu metode talaqqi dan metode halaqah, serta dengan menggunakan pendekatan pembelajaran integratif yang dimana diintegrasikan dalam inter bidang studi seperti mendengarkan diintegrasikan dengan berbicara dan menulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kemampuan Membaca Al-Quran, Komunitas ODOJ
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:04
Last Modified: 22 Jun 2022 07:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3655

Actions (login required)

View Item View Item