Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis WhatsApp terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMPN 2 Lanrisang di Masa Covid-19

Syamsudduha, Syamsudduha (2021) Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis WhatsApp terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMPN 2 Lanrisang di Masa Covid-19. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img] Text (Full text)
16.1100.013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan suatu negara untuk menunjang kemajuan masyarakatnya.“Pendidikan akan meningkatkan pengetahuan yang berguna bagi kehidupan dalam proses pembelajaran pengetahuan dan keterampilan, sehingga dapat menumbuhkan manusia yang berkualitas dan bertanggung jawab yang dapat memprediksi perubahan di masa depan.”Namun bagi sebagian besar pendidik dan siswa, saat ini pendidikan di Indonesia dan negara lain sedang mengalami inovasi-inovasi baru.“Masa pandemi sering disebut dengan masa Pandemi Covid 19. Mencegah penularan virus pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan, seperti isolasi, Social and Physical Distancing hingga pembatasan social berskala besar (PSBB).”

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis WhatsApp tehadap minat belajar peserta didik di SMPN 2 Lanrisang masa Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian adalah kuantitatif deskriftif dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang dari jumlah populasi sebanyak 104 orang dari jumlah masing-masing 20 orang dari kelas VII dan VIII di SMPN 2 Lanrisang, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis statistik deskriptif.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1). Berdasarkan hasil dari angket yang telah bagikan dari 40 peserta didik mengenai Variabel X (Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis WhatsApp) terdapat 36% SS (sangat setuju), 39 % ST (setuju), 11,8 % N (netral), 7,92 % TS (tidak setuju), dan 5 % STS (sangat tidak setuju). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis WhatsApp dapat diterima peserta didik dengan baik. 2.) Berdasarkan hasil dari angket yang telah di bagikan kepada 40 peserta didik mengenai Variabel Y (Minat belajar peserta didik di SMPN 2 Lanrisang) terdapat 25% SS (sangat setuju), 50% ST (setuju), 14 % N (netral), 8 % TS (tidak setuju), dan 1 % STS (sangat tidak setuju). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa peserta didik di SMPN 2 Lanrisang memiliki Minat belajar yang tinggi dimasa Covid-19. 3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat efektivitas pembelajaran PAI berbasis WhatsApp terhadap minat belajar peserta didik di SMPN 2 Lanrisang. Berdasarkan uji normalitas data yang menunjukkan bahwa telah terdistribusi dengan normal dan hasil uji hipotesis juga Ha diterma dan Ho di tolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI berbasis WhatsApp, Minat belajar peserta didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 22 Jun 2022 05:31
Last Modified: 22 Jun 2022 05:31
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3649

Actions (login required)

View Item View Item