Amran, Amran (2020) Persepsi Peserta Didik Terhadap Materi Pendidikan Toleransi Antar Umat Beragama (Studi Analitik Metode Ekspositori di SMK Negeri 7 Majene). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
15.1100.155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam mencerdaskan peserta didik sebagai generasi bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, SMK Negeri 7 Majene menjadi salah-satu lembaga pendidikan yang bergerak dalam bidang kejuruan untuk mewujudkan cita-cita tersebut, maka peran guru sangat sentral dari semua perkembangan yang dialami peserta didik utamanya dalam meningkatkan pemahaman agama beserta pengamalannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) materi pendidikan toleransi antar umat beragama di SMK Negeri 7 Majene, (2) persepsi peserta didik terhadap materi toleransi antar umat beragama di SMK Negeri 7 Majene dan, (3) faktor apa saja yang berpengaruh terhadap persepsi peserta didik terhadap toleransi antar umat beragama di SMK Negeri 7 Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif dan dalam mengumpulkan data digunakan metode observasi wawancara, dokumentasi. Sementara teknik analisis data digunakan langk-langka yaitu reduksi data, penyajian data, verification serta untuk memperoleh data yang betul-betul absah maka digunakan tringgulasi, yaitu tringgulasi sumber, tringgulasi teknik pengumpulan data dan waktu. Hasil penelitian ini diperoleh, (1) adanya materi yang akan menggambarkan kepada peserta didik bahwa di dunia ada manusia yang beriman dan ada pula yang mengingkarinya, dan ajaran yang dibawah Rasulullah benar adanya yang akan dipertanggung jawabkan masing-masing dihadapan Allah, (2) dari materi tersebut berdampak pada persepsi peserta didik keterbukaan menerima secara pandangan dan perbuatan bahwa perbedaan adalah sesuatu hal yang ditetapkan, tetapi dalam toleransi ini tersebut tidak boleh mencederai keyakinan masing-masing melainkan toleransi yang dimaksud ini adalah menjaga kedaulatan dengan melihat berbagai aspek persamaan, (3) dan juga hal yang berpengaruh terhadap persepsi peserta didik adalah dukungan dari orang tua, guru dan lingkungan inilah yang mempengaruh persepsi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Peserta didik Umat Beragama, Toleransi Beragama
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 22 Jun 2022 05:30
Last Modified: 22 Jun 2022 05:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3648

Actions (login required)

View Item View Item