Kontribusi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Peserta Didik Kelas XI MA DDI Lebani Kabupaten Mamuju

Ardiansyah, Ardiansyah (2019) Kontribusi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Peserta Didik Kelas XI MA DDI Lebani Kabupaten Mamuju. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img] Text (Full text)
13.1100.097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Konstribusi merupakan ke ikut sertaan, atau keterlibatan, melibatkan diri maupun dalam bentuk sumbangan. Dalam pengertian ini berarti konstribusi dapat berupa tindakan atau materi. Kontribusi pembelajaran aqidah akhlak yang dimaksud yaitu bagaimana sebuah pembelajaran memberikan kontribusi pada peserta didik khususnya. mampu memberikan perubahan dalam hal ahlak peserta didik selaku obyek atau sasaran pembelajaran Aqidah Akhlak.

Dalam mengelola dan menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif ini digunakan karena beberapa pertimbangan bahwa metode ini lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan ganda, dan juga secara langsung berhubungan antara peneliti dan responden lewat wawan cara dan observasi.

Hasil penelitian membuktikan bahwa proses pembelajaran terhadap (MA DDI) Lebani sudah cukup baik dimana pendidik dengan segala kemampuannya memberikan pembelajaran secara maksimal. Dengan demikian pembelajaran Aqidah Akhlak pada perta didik di MA DDI Lebani sangat memberikan kontribusi sebagaimana hasil wawancara peneliti dengan peserta didik. Secara umum pembelajaran ini telah di anggap mampuh memberikan kontribusi bagi peserta didik hal ini dibuktikan dengan perubahan-perubahan pada peserta didik. Perubahan tersebut terbukti dengan kedisiplinan peserta didik, perilaku keseharian yang mulai berubah misal dari malas menjadi rajin serta tidak sedikit peserta didik yang awalnya sering membuat onar sudah mulai berubah. Peserta didik juga lebih ramah, dan sopan, baik pada sesamanya peserta didik, maupun kepada pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi pembelajaran, Akidah Akhlak Peserta Didik.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 22 Jun 2022 05:24
Last Modified: 22 Jun 2022 05:24
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3645

Actions (login required)

View Item View Item