Sudirman, Mariyana (2022) Dampak Pembelajaran Online Melalui Media Whatsapp Bagi Guru dan Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI As’adiyah 148 Tippulu Kab. Wajo. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.1200.003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data yang akurat tentang penerapan pembelajaran online melalui media whatsapp, menemukan kendala-kendala yang dialami oleh guru dan peserta didik dalam melakukan pembelajaran online, dan mengetahui dampak dari penerapan pembelajaran online bagi guru dan peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di MI As’adiyah 148 Tippulu Kab. Wajo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deksriptif, dan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak pembelajaran online bagi guru dan peserta didik di MI As’adiyah 148 Tippulu Kab. Wajo yaitu penerapan pembelajaran online lebih didominasi dengan dampak negative dan beberapa kendala seperti jaringan yang tidak stabil, tidak memiliki handphone, kualitas penyimpanan yang mencukupi dan tidak memiliki kuota. Dampak negative bagi peserta didik adalah kesulitan dalam memahami materi pelajaran, merasa bosan dengan proses pembelajaran, rasa malas belajar semakin meningkat, adanya penurunan prestasi belajar serta kurangnya interaksi secara langsung dengan guru maupun dengan teman sehingga terlalu bergantung dengan orang tua dalam pengerjaan tugas. Sedangkan bagi guru meliputi tidak dapat maksimal dalam mengajar seperti pada proses pembelajaran tatap muka, serta kurang mahir dalam pembuatan media pembelajaran berbasis online yang menarik yang dapat membuat peserta didik tidak merasa bosan, dan sulit memberikan penjelasan materi yang dapat dipahami oleh semua peserta didiksecara online. Namun penerapan pembelajaran online di MI As’adiyah 148 Tippulu masih tetap memiliki dampak positif, diantaranya lebih menghemat waktu dan ruang dan tenaga,memberikan pengalaman baru bagi guru dan peserta didik serta memiliki waktu yang luang bersama keluarga dan dapat melatih kemandirian peserta didik dalam belajar. Dengan adanya penelitian ini dapat diketahui berbagai dampak negative yang dialami oleh peserta didik di MI as’adiyah 148 Tippulu Kab. Wajo dalam proses pembelajaran online diantaranya rasa bosan semangat yang sangat kurang dalam mengikuti pembelajaran, jadi diharapkan agar tenaga pendidik dapat melakukan pelatihan terlebih dahulu terhadap pengelolaan tekhnologi dan pembuatan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik dengan harapan peserta didik dapat semangat dan belajar dengan baik walaupun pembelajarannya hanya dilakukan secara online dan proses pembelajarannya dapat lebih maksimal lagi agar prsetasi belajar juga tidak menurun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dampak pembelajaran online, media whatsapp, pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 17 May 2022 01:24
Last Modified: 17 May 2022 01:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item View Item