Mulyana, Mulyana (2021) Femonena Kecurangan Akademik Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 6 Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.1700.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengambil kurang lebih 30 orang responden, yang terdapat dari peserta didik, guru dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi (gambar, pedoman wawancara dan rekaman). Teknik wawancara dilakukan dengan tidak terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara. Teknik observasi yang dilakukan oleh peserta didik. Analisis data penelitian bersifat deskriptif lapangan dengan pengamatan secara langsung terhadap objek yang diteliti. Data yang dikumpulkan disesuaikan dengan fakta yang ditemukan dilapangan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi (gambar, pedoman wawancara dan rekaman). Teknik wawancara dilakukan dengan tidak terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara. Analisis data penelitian bersifat deskriptif lapangan dengan pengamatan secara langsung terhadap objek yang diteliti. Data yang dikumpulkan disesuaikan dengan fakta yang ditemukan dilapangan. Adapun uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu uji credibility (validitas internal) yaitu dengan memberikan penambahan waktu, kekuatan pengamatan dalam penelitian dan melakukan pengujian data dengan mengabungkan teknik dan sumber. Uji transferability (keteralihan) peneliti memberikan uraian yang jelas, sistematis dan dapat terpercaya terkait penelitian yang dilakukan dalam fenomena kecurangan akademik pada pembelajaran IPS. Dependability (ketergantungan) peneliti melakukan pemeriksaan terhadap proses dari sumber data, analisis data, dan perkiraan temuan dan laporan agar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Confirmability(kepastian) teknik penelitian ini digunakan untuk mengecekan kebenaran data hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Femonema kecurangan, Perilaku peserta didik, Metode pembelajaran
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 12 May 2022 02:45
Last Modified: 12 May 2022 02:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3522

Actions (login required)

View Item View Item