Aina, Nur (2021) Pengaruh Keunggulan Produk dan Penerapan Nilai-Nilai Islam terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Bank BTN Syariah KCPS Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.2300.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis Pengaruh Keunggulan Produk dan Penerapan Nilai-Nilai Islam Terhadap Kepuasan Nasabah Studi Pada Bank BTN Syariah KCPS Parepare). Yang terdiri dari tiga rumusan masalah 1). Apakah Keunggulan Produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di Bank BTN Syariah KCPS Parepare, 2). Apakah Penerapan Nila-Nilai Islam berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di Bank BTN Syariah KCPS Parepare, 3). Variabel manakah yang paling dominan berpengaruh secara simultan antara keunggulan prodk dan penerapan nilai-nilai islam terhadap kepuasan nasabah di Bank BTN Syariah KCPS Parepare. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode lapangan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah nasabah Bank BTN Syariah KCPS Parepare dengan penentuan jenis sampel mengunakan rumus Slovin . Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket. Metode yang digunakan untuk menguji hipotes adalah Uji Validitas, uji reliabilitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji normalitas. Untuk teknik analisis datanya sendiri dilakukan dengan menggunakan One Sampel T Test untuk ketiga variabel, uji korelasi Pearson Product Moment, uji t atau parsial, uji f atau simultan, Analisis regresi linear berganda serta uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan: berdasarkan uji one sample t test, diperoleh bahwa Keunggulan Produk (X1), Penerapan Nilai-Nilai Islam (X2) dan Kepuasan Nasabah (Y) mempunyai klasifikasi yang sangat baik dengan masing-masing nilai 80%, 80% dan 80%. Berdasarkan hasil korelasi bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Keunggulan Produk (X1) dengan Kepuasan Nasabah (Y) dilihat dari nilainya 0,007 < 0,05. Dan Terdapat hubungan yang posit dan signifika antara Penerapan Nilai-Nilai Islam (X2) terhadap Kepuasan Nasabah (Y) dengan nilai 0,035< 0,05. Sedangkan hasil dari korelasi secara simultan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara Keunggulan Produk (X1), Penerapn Nilai-nilai Islam (X2) terhadap Kepuasan Nasabah (Y) dengan nilai 0,002 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keunggulan Produk, Kepuasan Nasabah, Penerapan Nilai-Nilai Islam
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 11 May 2022 03:57
Last Modified: 11 May 2022 03:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3519

Actions (login required)

View Item View Item