Gustan, Mukarramah (2021) Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 6 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.1700.006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kompetensi sosial merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam hal bersikap maupun berkomunikasi baik dengan peserta didik, sesama pendidik atau bahkan masyarakat. Hasil belajar merupakan suatu keberhasilan yang dicapai setelah melakukan proses belajar mengajar disekolah yang berbentuk nilai diakhir pembelajaran dan berbentuk nilai raport dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 56 orang dari jumlah siswa kelas VIII secara keseluruhan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, yaitu teknik penentuan sampel yang seluruh anggota populasinya dijadikan sebagai sampel karena populasinya kurang dari 100. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif dan inferensial dengan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) kompetensi sosial guru diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0.000 < α = 0.05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi sosial guru termasuk kategori tinggi yaitu 85,87 %. (2) Hasil Belajar IPS diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0.000 < α = 0.05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS termasuk kategori tinggi yaitu 80,45 %. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi Sosial guru terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Parepare, Pada hasil output di atas diperoleh nilai signifikansi = 0.025 < 0.05, kemudian Nilai koefisien korelasi sebesar 9% maka dapat disimpulkan pengaruh kompetensi sosial guru (X) terhadap hasil belajar IPS (Y) sebesar 9%, sedangkan 91% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial Guru, Hasil Belajar IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:52
Last Modified: 11 Apr 2022 03:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3423

Actions (login required)

View Item View Item