Mengatasi Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linear dengan Memanfaatkan Media YouTube Pada Kelas XI SMA Negeri 4 Parepare

Amir, Asmaria (2021) Mengatasi Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linear dengan Memanfaatkan Media YouTube Pada Kelas XI SMA Negeri 4 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
17.1600.017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pertidaksamaan linear merupakan materi pembelajaran matematika wajib pada kelas XI. Masalah yang seringkali dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan linear adalah menentukan variabelnya, penggunaan notasi pertidaksamaan serta prosedur penyelesaian yang harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dan faktor penyebabnya, serta mengatasi kesulitan tersebut dengan pemanfaatan suatu media teknologi informasi yaitu youtube.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif berupa pernyataan yang tertulis maupun lisan dari peserta didik yang diamati. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian, kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan linear terdiri dari 3 komponen yaitu dalam pemahaman fakta, pemahaman prinsip, dan pemahaman konsep penyelesaian. Faktor penyebab kesulitan peserta didik adalah faktor eksternal yang meliputi pedagogik dan sosial, serta faktor internal yang meliputi kemampuan intelektuan peserta didik dalam memahami materi dan mengingat konsep yang harus dilakukan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesulitan peserta didik tersebut ialah dengan mengajarkan materi sebaik mungkin, memperbanyak pemberian latihan, serta penggunaan media yang mendukung seperti youtube. Pemanfaatan youtube sebagai media untuk mengatasi kesulitan didukung oleh seluruh peserta didik yang menjadi subjek penelitian berdasarkan hasil wawancara menunjukkan tanggapan positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Menyelesaikan Soal, Pertidaksamaan Linear, YouTube
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:35
Last Modified: 11 Apr 2022 03:35
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3422

Actions (login required)

View Item View Item