Analisis Pola Belajar dan Motivasi Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Matematika Kelas VII MTs di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Sidenreng Rappang

Kalina, Nur (2021) Analisis Pola Belajar dan Motivasi Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Matematika Kelas VII MTs di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
17.1600.015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pola belajar matematika berarti cara siswa melaksanakan suatu kegiatan belajar matematika yaitu bagaimana siswa mengatur dan melaksanakan kegiatan-kegiatan belajarnya. Dan motivasi menjadi salah satu faktor psikologis yang memiliki pengaruh besar terhadap aktivitas belajar siswa. Tingkat motivasi belajar siswa berbanding lurus dengan keberhasilan proses belajar dan prestasi yang di capainya.

Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diambil dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat peneliti dianilisis dengan menggunakan metode analisis dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan serta verification.

Hasil dari penelitian ini, bahwa motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa masih sangat rendah dapat dilihat dari persentase keempat indikator yakni motivasi berupa adanya kemauan siswa untuk mendalami materi dan tekun dalam belajar dan mengerjakan tugas hanya 0,061%,dengan motivasi tinggi, 45,45% motivasi sedang dan 48,48% motivasi rendah. Tetapi walaupun hanya 0,061% yang memiliki motivasi tinggi dalam mendalami matematika terdapat 75,75% memiliki niat usaha maju. Sehingga dengan rendahnya motivasi belajar matematika yang dimiliki siswa kelas VII MTs di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa membuat pola belajar matematika yang baik juga belum tercapai dengan hasil persentase indikator pola belajar matematika yakni 24,24% siswa yang belajar sebelum materi dimulai, namun 100% siap dalam hal sarana. 30,30% siswa yang selalu memperhatikan namun hanya 15,15% siswa yang memberi respon serta aktif dalam bertanya serta mengerjakan contoh soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Belajar, Motivasi Belajar, Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:24
Last Modified: 11 Apr 2022 03:24
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3421

Actions (login required)

View Item View Item