Pengaruh Digital Payment terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAIN Parepare (Analisis Ekonomi Islam)

Riska, Riska (2022) Pengaruh Digital Payment terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAIN Parepare (Analisis Ekonomi Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full Text)
18.2400.044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Digital Payment merupakan pembayaran dalam bentuk elektronik yang transaksinya bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, sehingga memudahkan pengguna. Karena kemudahan tersebut, tidak jarang memberikan dampak negative bagi penggunanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital payment terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Parepare (Analisis Ekonomi Islam).

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey atau angket. Penelitian ini termasuk pada penelitian aosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau hubungan antara dua variabel.

Hasil penelitian diperoleh berdasarkan uji hipotesis bahwa digital payment berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik uji t didapatkan nilai sig. 0,039 < 0,05. Adapun perbandaingan thitung dengan ttabel didapatkan hasil thitung 2,098 > ttabel 1,985. Dengan demikian HO1 ditolak dan Ha1 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara digital payment dengan perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Parepare (Analisis Ekonomi Islam). Serta memiliki derajat hubungan yang rendah, dapat dilihat pada uji korelasi perason product moment dapat diketahui bahwa variabel digital payment dengan variabel perilaku konsumtif memiliki hubungan (berkorelasi). Hal ini dapat dilihat pada nilai sig. 0,039 < 0,05 sehingga dinyatakan berkorelasi. Demikian HO2 ditolak dan Ha2 diterima. Dan nilai Pearson Correlation yaitu 0,211, sehingga hubungan antara variabel digital payment dengan variabel perilaku konsumtif berada dalam tahap rendah. Dengan demikian dengan adalah kemudahan- kemudahan yang diberikan oleh layanan digital payment yakni layanan (ovo, dana, link-aja dan shopee pay) membuat mahasiswa FEBI IAIN Parepare menjadi konsumtif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Digital Payment, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ian Tubangsa
Date Deposited: 27 Apr 2022 06:20
Last Modified: 27 Apr 2022 06:20
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3402

Actions (login required)

View Item View Item