Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Pt.Pos Indonesia (Persero) Parepare (Analisis Ekonomi Syariah)

Purnama, Intan (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Pt.Pos Indonesia (Persero) Parepare (Analisis Ekonomi Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full Text)
18.2400.055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan dan peningkatan kualitas pelayanan dari waktu ke waktu merupakan hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar dapat bertahan dalam lingkungan industri jasa yang semakin kompetitif. Sebagai perusahaan penyedia jasa, Kantor Pos Parpare harus memiliki strategi untuk mempertahankan posisi pasarnya. Salah satunya adalah dengan mengembangkan strategi untuk mempertahankan konsumen dengan kualitas pelayanan yang tepat, sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan membangun loyalitas konsumen.Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui Seberapa baik kualitas pelayanan jasa pada kantor pos parepare,untuk mengetahui seberapa baik loyalitas pelanggan pada kantor pos parepare, untuk mengetahui apakah ada hubungan positif dan signifikan antara kualitas layanan jasa terhadap loyalitas pelanggan pada kantor pos parepare, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap loyalitas pelanggan pada kantor pos parepare.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif khususnya kuantitatif deskriptif.Lokasi penelitian berada di di kantor pos Parepare dan waktu penelitian 30 Hari. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket atau kuesioner,dan dokumentasi. Sampel penelitian sebanyak 102 orang dari populasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji one sample T test, kolerasi pearson produck momen, dan Regresi Linear Sederhana.

Hasil penelitian ini adalah dari uji one sample t test kualitas pelayana diperoleh nilai t hitung sebesar 2,2404 ) dengan taraf signifikan a = 5% (0,05) diperoleh t tabel sebesar 1,9838. Nilai t hitung 2,204 > t tabel1,9838 dan nilai (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,030 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterimah,hasil one sample t test loyalitas pelanggan diperoleh nilai t hitung sebesar 3,887 dengan taraf signifikan a = 5% (0,05) diperoleh t tabel sebesar 1,9838. Nilai t hitung 3,887> t tabel1,9838 dan Nilai (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterimah, Hasil uji Nilai koefisien korelasi 0,874 dengan signifikansi 0,000. karena signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapar hubungan yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan Jasa Dengan Loyalitas Pelanggan di kantor pos parepare, Pengujian koefisien determinasi memperoleh nilai R Square sebesar 0,763 Nilai ini memiliki arti bahwa 76,3% Loyalitas pelanggan (Y) dipengaruhi kualitas pelayanan jasa (X) dan 23,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Jasa, Loyalitas Pelanggan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ian Tubangsa
Date Deposited: 27 Apr 2022 06:19
Last Modified: 27 Apr 2022 06:19
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3401

Actions (login required)

View Item View Item